Berwudhu pastinya tidak asing dengan istilah ini, ya berwudu adalah salah satu cara mensucikan diri dari hadas kecil. Berwudhu biasa nya dilakukan sebelum sholat guna mensucikan diri kita sebelum menghadap Sang Maha Kuasa. Namun berwudu dapat dilakukan kapan saja tidak hanya saat menjelang sholat. Berwudhu dapat dilakukan sebelum tidur, ketika hendak melakukan perjalanan, ketika kita dalam keadaan marah. Dan lainnya. Berwudhu ternyata memiliki berbagai manfaat lo teman, begitu banyak manfaat berwudhu baik untuk kesehatan maupun kehidupan kita. Beberapa Manfaat berwudhu di bawah ini tentunya membuat kita akan semakin rajin berwudhu.

Berwudhu dapat menghilangkan marah teman. Jika kamu dalam keadaan hendak merasa marah dan tidak mampu mengendalikannya maka jalan terbaik untuk meredam amarah mu adalah dengan berwudu. Selain itu wudhu dapat menghilangkan hati kita yang dilanda lelah maupun cemas. Karena kesegaran air wudhu mampu menenangkan pikiran kita teman. Bukan hanya itu marah adalah hal yang disukai setan. Setan itu terbuat dari api maka api dapat di padamkan dengan air. Jika hendak marah maka kamu dapat mengatasi nya dengan berwudu. Pastinya setan-setan jahat yang ada di sekitar kita akan segera hilang dan marah kita akan segera redam.

Rosululloh SAW bersabda, Marah itu bersumber dari setan, setan itu di ciptakan dari api, sedangkan api dapat dipadamkan dengan air. Oleh karena itu, bila seseorang dari kalian marah, maka hendak nya dia memadamkannya dengan wudu. (HR. Ahmad).

Wajah akan selalu nampak bercahaya

Wudhu dapat membuat wajah kita nampak bersih bercahaya dan bersinar. Ketika kita berwudu secara tidak sadar kita telah melakukan perawatan wajah. Karena ketika berwudu kita membersihkan kotoran-kotoran serta debu yang menempel di wajah kita. Tidak hanya itu gerakan dalam berwudu seperti mengusap wajah dengan air seperi itu bagaikan kita sedang memijat atau merefleksi otot-otot wajah kita. Sehingga wajah kita akan berseri dan bercahaya. Siapa yang tidak mau kulit nya bercahaya. Manfaat wudu dapat membuat wajah kita bersih bercahaya dengan alami dan tidak akan merusak kulit serta sangat hemat alias gratis. Dengan berwudhu pastinya jerawat-jerawatpun akan hilang dengan sendirinya. Pastinya teman inginkan membuat wajah selalu bersinarkan? cara nya adalah dengan rajin-rajin berwudu. Manfaat wudu Tidak hanya membuat wajah kita bercahaya di dunia namun juga di akhirat kelak.

Wudhu juga mampu menghapus dosa, Karena wudhu kan sebagian dari mensucikan diri. Air-air yang menyapu kulit kita menyapu dosa kita juga. gak percaya?

Rosululloh bersabda, ” Barang siapa yang berwudu dengan membaguskan wudhu nya, maka keluarlah dosa-dosanya dari kulitnya sampai kuku-kuku jemarinya.” (HR. Muslim).

Di cintai Allah dan Di doakan malaikat

Berwudhu dapat membuat kita senantiasa di ikuti oleh malaikat serta didoakan malaikat lo. Karena Alloh cinta dengan orang-orang yang dalam keadaan suci. Sehingga ketika kita tidur malaikat akan menjaga kita. bahkan Rosululloh SAW pun pernah bersabda,

barang siapa tidur di malam hari dalam keadaan suci (berwudhu), maka malaikat akan senantiasa mengikutinya, lalu ketika ia bangun, niscaya malaikat itu akan berucap Ya Alloh ampunilah hamba Mu. Karena ia tidur di malam hari dalam keadaan suci.” (HR. Ibnu Hibban dari Ibnu Umar r.a).

Menyegarkan hati dan pikiran

Berwudhu dapat menyegarkan hati dan pikiran kita. Kesegaran air dalam berwudhu membuat pikiran rileks dan kembali segar. Gerakan-gerakan dalam berwudhu juga mampu menghilangkan kelelahan kita. Karena gerakan-gerakan dalam berwudhu seperti membasuh wajah, tangan telinga, dan sebagainya mampu memberi relaksasi terhadap otot-otot kita yang lelah. Kesegaran air di setip basuhan berwudhu akan membersihkan kita dan membuat kita semakin segar dan ringan. Debu serta kotoran yang menempel hilang, lelah dan capek hilang dan kamu dapat kembli memulai aktivitas dengan tubuh yang segar dengan cara rajin berwudhu.

Akan Selalu dekat dan berada dalam lindunganNya

Senantiasa menjaga wudhu juga akan menjadikan kita dekat dengan Alloh. Karena Alloh mencintai orang-orang yang dalam keadaan suci. Kebersihan kan juga sebagian dari iman. Senantiasa berwudhu juga berarti membuat kita selalu dekat dengan Alloh dan pastinya Alloh akan selalu melindungi kita. Masih ragu untuk rajin berwudhu, dengan rangkuman ini semoga kita semakin rajin berwudhu bukan hanya ketika menjelang sholat saja ya, Amin.

Berwudhu juga bermanfaat untuk kesehatan

Berwudhu membuat hati dan pikiran kita tenang dan menghilangkan marah. Sehingga akan membuat tubuh kita semakin sehat. Karena marah dan stres itu dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya. Sehingga dengan banyak berwudhu kita akan mengurangi resiko itu. Tidak hanya itu berwudhu juga membersihkan kulit kita dari kuman penyakit lewat tahapan seperti membasuh tangan, muka, dan lainnya. Dalam gerakan berwudhu kita juga membasuh telinga, hidung, dan berkumur-kumur tentu saja kuman-kuman yang ada di bagian tubuh tersebut akan segera hilang dan kita tidak mudah terserang penyakit. Rajin berwudhu juga artinya rajin menjaga kebersihan.