Al Ihsan

Al Ihsan
Ustaz Abdurrahman Yusuf
Selasa, 14 Maret 2017 09:28 WIB

Oleh: Ustaz Abdurrahman Yusuf

"Bahwa ketika engkau beribadah (beramal) kepada Allah seakan-akan engkau melihat-Nya, jika engkau tidak melihatnya, sesungguhnya (yakinlah) Dia pasti melihatmu". Ihsaanulaah ialah beramal ikhlas, beramal rapi/tertib, beramal baik dan merasakan betul akan pengawasan Allah SWT, sehingga ibadah dan amalnya itu benar-benar semata kepada Allah, karena Allah, untuk Allah dan dalam rangka mencari keridhaan Allah SWT.

Rasulullah Saw bersabda: “Sesungguhnya Allah mewajibkanihsandalamsegalahal”. (HR: Muslim).

“... dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai/mencintai orang-orang yang berbuat baik”.(QS: Al-Baqarah, 195).

1. Pengawasan Allah SWT
loading...
“Dan sungguh Kami telah mencipta manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya, dan Kami lebih dekat kepadanya dari pada urat leher (nadi) nya. (yaitu) ketika dua malaikat mencatat amal perbuatannya, seorangdudukdisebelah kanan dan yang lain duduk di sebelah kiri. Tiada suatu ucapanpun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir”. (QS: Qaf, 16-18)

Ads
“Kepunyaan Allah-lah segala apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi,dan jika kamu melahirkan apa yang ada di dalam hatimu atau kamu menyembunyikannya, niscaya Allah akan membuat perhitungan dengan kamu tentang perbuatanmu itu, maka Allah mengampuni siapa yang dikehendaki-Nya danmenyiksa siapa yang dikehendaki-Nya dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu”. (QS: Al-Baqarah, 284)

2. Kebaikan Allah SWT

“Dan carilahpadaapa yang telahdianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeriakhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepada mu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi,sungguh Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan”. (QS: Al-Qashash, 77)

“Tidakkah kamu perhatikan sesunggunya Allah telah menundukkan untuk (kepentingan)mu apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi dan menyempurnakan untukmu ni’mat-Nya lahir dan batin,dan di antara manusia ada yang membantah tentang (keesaan) Allah tanpa ilmu pengetahuan atau petunjuk dan tanpa kitab yang memberi penerangan”. (QS: Luqman, 20)

3. Niat yang Ihsan

“Dan di antara manusia ada orang yang mengorbankan dirinyakarena mencarikeridhaan Allahdan Allah MahaPenyantunkepadahamba-hamba-Nya”. (QS: Al-Baqarah, 207)

4. Niat yang Ikhlas

“Padahal mereka tidak diperintahkan kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan keta’atan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama dengan lurus, dan supaya mereka mendirikan salat dan menunaikan zakat dan yang demikian itulah agama yang lurus”. (QS: Al-Baiyinah, 5)

5. Pekerjaan yang rapi, tertib dan penyelesaian yang baik.

Rasulullah Saw bersabda: “Sesungguhnya Allah Azza wa Jalla mencintai apabila mengerjakan salah seorang di antara kalian suatu pekerjaan dilakukan dengan rapi”. (HR: at-Thabrany – al-Baihaqy)

6. Amal yang Ihsan

“Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang bertakwa dan orang-orang yang berbuat kebaikan”. (QS: An-Nahl, 128)

7. Kecintaan dari Allah

“Dan belanjakanlah (hartabendamu) dijalan Allah, dan janganlah kamu menjauhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik”. (QS: Al-Baqarah, 195)

“(Yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memafkan (kesalahan) orang, Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan”. (QS: Ali Imran, 134)

8. Pahala dari Allah

“Karenaitu Allah memberikan kepada mereka pahala di duniadan pahala yang baik di akhiratdan Allah menyukai orang-orang yang berbuatkebaikan”. (QS: Ali Imran, 148)

“Barang siapa yang mengerjakan amal shalih, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan”. (QS: An-Nahl, 97)

9. Pertolongan Allah

“Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencarikeridhaan) Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami dan sungguh Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik”. (QS: Al-‘Ankabut, 69)

Berlaku ihsan dalam segala hal adalah bagian dari menghidupkan sunnah Rasulullah Saw yang mulia dalam kehidupan kita kaum muslimin. Dan Rasulullah Saw telah mewariskan kepada kita sifat terbaik dan mulia, yang merupakan implementasi dari sifat-sifat Allah Azza wa Jalla yang Maha Mulia.

Hidup itu bukanlah siapa yang paling baik, Tetapi siapa yang bisa, mampu dan mau berbuat baik, bukan juga yang berpura-pura baik. Hanya orang mulia yang akan memuliakan, orang-orang terhormatlah yang akan menghormati dan orang baik itu akan senantiasa berlaku baik.

Wallaahu a’lam bishshawaab.

Ustaz Abdurrahman Yusuf adalah Pimpinan Pesantren Tahfidzul Quran Syaikh Rasyid Al Mukhlishin, Kutablang, Lhokseumawe.

Editor:TAM
Kategori:Opini
wwwwww