Dengan Salat Dhuha, Maka Dosa-dosa Akan Dihapus Meski Sebanyak Buih Lautan

Dengan Salat Dhuha, Maka Dosa-dosa Akan Dihapus Meski Sebanyak Buih Lautan
Erna Rasyid Taufan
Minggu, 21 Agustus 2016 10:09 WIB
Penulis: Erna Rasyid Taufan
Bagi orang yang salat dhuha, maka ia akan diampuni dosa-dosanya oleh Allah. Hal tersebut sesuai dengan hadis Nabi Muhammad yang diriwayatkan HR Turmudzi "Barangsiapa yang selalu mengerjakan shalat Dhuha niscaya akan diampuni dosa-dosanya walaupun sebanyak buih di lautan".

Dan yang kedua, barangsiapa yang menunaikan salat dhuha, maka ia tergolong sebagai orang yang bertaubat kepada Allah. Ini sesuai juga dengan apa yang dikatakan Rasullullah "Tidaklah seseorang selalu mengerjakan salat dhuha kecuali ia telah tergolong sebagai orang yang bertaubat," (HR. Hakim).

Lalu apa manfaat dan faedah dari salat dhuha lainya? Bagi kaum muslim yang menunaikan salat dhuha maka ia akan dicatat sebagai ahli ibadah dan taat kepada Allah. "Barangsiapa yang salat dhuha dua rakaat, maka dia tidak ditulis sebagai orang yang lalai. Barangsiapa yang mengerjakannya sebanyak empat rakaat, maka dia ditulis sebagai orang yang ahli ibadah. Dan barangsiapa yang mengerjakannya enam rakaat, maka dia diselamatkan di hari itu. Barangsiapa mengerjakannya delapan rakaat, maka Allah tulis dia sebagai orang yang taat. Dan barangsiapa yang mengerjakannya dua belas rakaat, maka Allah akan membangun sebuah rumah di surga untuknya," (HR. At-Thabrani).

Faedah selanjutnya, orang yang istiqamah melaksanakan salat dhuha kelak akan masuk surga lewat pintu khusus, pintu dhuha yang disediakan oleh Allah. "Sesungguhnya di dalam surga terdapat sebuah pintu bernama pintu dhuha. Apabila hari kiamat telah tiba maka akan ada suara yang berseru, "Dimanakah orang-orang yang semasa hidup di dunia selalu mengerjakan salat dhuha? Ini adalah pintu buat kalian. Masuklah dengan rahmat Allah Subhanahu Wata’ala," (HR. At-Thabrani).

Ads
Yang kelima, Allah akan menyukupkan rezekinya."Wahai anak Adam, janganlah engkau merasa lemah dari empat rakaat dalam mengawali harimu, niscaya Aku (Allah) akan menyukupimu di akhir harimu,"(HR. Abu Darda).

Hadist lain mengatakan, siapapun orang yang mengerjakan salat dhuha maka ia dianggap telah mengeluarkan sedekah. "Hendaklah masing-masing kamu bersedekah untuk setiap ruas tulang badanmu pada setiap pagi. Sebab tiap kali bacaan tasbih itu adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada yang ma’ruf adalah sedekah, mencegah yang mungkar adalah sedekah. Dan sebagai ganti dari semua itu, maka cukuplah mengerjakan dua rakaat sholat Dhuha," (HR Muslim).

Saudara seiman dan satu bangsa dan negara, pembaca GoNews.co dimanapun anda berada, semoga kita adalah termasuk orang-orang yang istikomah dan bisa menjalankan sunah rasulullah SAW. Mari bertekad untuk bisa setiap hari melaksanakan salat dhuha. "Yaa Allah mudahkanlah kami untuk selalu mengamalkan salat dhuha". ( Penulis HJ Erna Rasyid Taufan, adalah Istri Walikota Parepare yang Juga Penulis buku "Alqur'an dan Rahasia Umur 40 Tahun. )
Editor:Muslikhin Effendy
Kategori:Opini
wwwwww