Home >  Artikel >  Opini

Puasa Meningkatkan Kualitas Soft Skill

Puasa Meningkatkan Kualitas Soft Skill
H Iqbal Ali
Rabu, 08 Juni 2016 23:10 WIB
Penulis: Drs H Iqbal Ali, MM
MENURUT hasil penelitian di Amerika (Ali Ibrahim Akbar, 2010) mengungkapkan bahwa kesuksesan hanya di tentukan 20 % Hard Skill, 80 % Soft Skill.Begitu pula beberapa penelitian lain di luar negeri bahwa kesuksesan seseorang tidak ditentukan semata mata oleh pengetahuan dan kemampuan teknis (Hard Skill), tapi lebih oleh kemampuan mengelola diri (Soft Skill) yang intinya adalah pengendalian diri terutama berkomunikasi santun dan beretika, toleran serta rasa empati yang tinggi. Begitu indah dan strategisnya peranan Soft Skill, namun kadang-kadang diabaikan, justru orang terbiasa mengejar Hard Skill.

Oleh sebab itu puasa yang makbul diyakini akan mempengaruhi prilaku keseharian seseorang menjadi lebih baik. Akan terlihat orangnya jujur, karena yang tau orang puasa hanyalah yang bersangkutan dan Allah. Orang lain tidak tahu, walaupun dirumah kita puasa, diluar kita berbuka, yang tahu hanya Allah dan yang bersangkutan. Puasa makbul akan terlihat pula orangnya disiplin, karena tetap dalam rambu-rambu Allah. Jangan coba melabraknya puasa akan batal. Puasa yang makbul akan mempengaruhi tutur kata dimana orangnya lemah lembut, tidak emosional, tidak bernada keras apalagi marah-marah.

Puasa makbul akan menampakkan prilaku beradab, beretika, bersopan santun, saling menghargai, menghormati yang tua tua dan menyayangi yang muda muda. Puasa yang makbul menjadikan seseorang toleran, simpati dan empati, dapat merasakan apa yang dirasakan orang lain dan langsung berbuat serta saling membantu. Puasa yang makbul bahagia pembantu dirumahnya. Puasa yang makbul orangnya gelisah ketika janji belum ditepati dan risau jika hutang belum dilunasi.

Ads
Puasa yang makbul kehadiranya ditengah masyarakat selalu dinanti. Puasa yang makbul, orangnya senang terhadap orang sukses dan gelisah melihat orang susah. Itulah buah dari puasa yang makbul (diterima) yang kesemuanya itu adalah keluarga besar Soft Skill. Mudah-mudahan umat islam yang menikmati Ramadhan akan menjadi umat yang berpeluang besar sukses. Karena Soft Skill-nya semakin dominan dari Hard Skillnya. Wallahu’alam.***

H Iqbal Ali adalah mubaligh IKMI

Kategori : Opini
www www