ANDA suka makan sayur bening? Jika ya, mungkin sudah tidak asing dengan daun kelor. Namun, belum banyak orang yang tahu jika tanaman kelor juga memberikan banyak manfaat, termasuk bijinya. Biji kelor diketahui memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Karenanya, mengonsumsi biji kelor bisa menjadi solusi sehat secara alami.

Berikut manfaat mengonsumsi biji kelor bagi kesehatan seperti yang dilansir dari laman Boldsky:

Dilengkapi dengan nutrisi

Biji kelor diperkaya dengan vitamin, mineral dan asam amino. Selain itu, biji kelor juga mengandung vitamin A, C dan E, serta mineral seperti kalsium, protein dan kalium, di mana ini merupakan makronutrien yang dibutuhkan oleh tubuh.

Melawan radikal bebas

Biji kelor memiliki sifat antiinflamasi, sehingga membantu melawan kerusakan radikal bebas. Terutama disebabkan karena stres oksidatif, kerusakan sel molekul dan peradangan. Selain itu, biji kelor juga berisi beberapa antioksidan seperti flavonoid, asam askorbat dan polifenol dalam bijinya, daun dan bunga.

Menyembukan luka lebih cepat

Setiap bagian dari tanaman kelor membantu pembekuan darah dan dengan cepat menyembuhkan luka. Anda dapat mengoleskan luka atau mengonsumsinya langsung.

Memiliki antibakteri dan antijamur

Daun kelor dan bijinya memiliki kekuatan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Biji kelor efektif dalam memerangi infeksi jamur, infeksi urin dan masalah yang berhubungan dengan pencernaan.

Mencegah diabetes

Biji kelor dapat mencegah retinopati diabetes. Vitamin A dalam biji kelor mendorong kesehatan mata, menguatkan kornea dan mencegah peradangan. Selain itu, vitamin C memiliki kemampuan untuk mencegah kerusakan pembuluh darah pada orang yang menderita diabetes tipe 1. Karena itu, biji kelor adalah yang terbaik obat alami untuk diabetes.

Melindungi sistem kardiovaskular

Biji kelor mengandung antioksidan dan instrumen dalam melindungi kesehatan jantung. Selain itu, hal ini juga dapat membuat pembuluh darah lebih kuat fleksibel.

Mendukung kesehatan otak

Biji kelor mengandung senyawa penting seperti asam folat, asam amino, asam lemak omega 3 dan vitamin E. Kandungan nutrisi tersebut merupakan kebutuhan gizi yang tepat untuk meningkatkan kekuatan otak. Hal ini juga merupakan salah satu manfaat kesehatan terbaik dari biji kelor.

Melindungi liver

Biji kelor mengandung tinggi polifenol yang melindungi liver terhadap racun dan kerusakan oksidatif. Dengan begitu, mengonsumsi biji kelor akan melindungi liver dan menjaga kesehatannya.