SERANG – Kegiatan belajar mengajar di SMA Negeri 1 Cikande, Serang, Banten, terganggu dengan bau yang tak sedap dari peternakan ayam yang ada di dekat sekolah tersebut. Alhasil, para siswa terpaksa belajar menggunakan masker lantaran terganggu dengan bau yang menyengat itu. Bau itu timbul dari salah satu peternakan ayam yang tak jauh dari sekolah. Menyengatnya bau kotoran ayam itu sudah terjadi sejak satu tahun belakangan. Meski demikian, belum ada tindakan dari pemerintah setempat atas kejadian itu.

"Kami terganggu, KBM (kegiatan belajar mengajar) kami tidak efektif, guru juga sering keluar, anak-anak juga tidak nyaman belajarnya," kata salah seorang guru di SMA Negeri 1 Cikande, Mulyadi, Senin (16/1/2017).

Mulyadi menyatakan, bau menyengat itu semakin terasa ketika angin berembus ke arah sekolah. Bahkan, kata dia, ketika ada siswanya yang mengidap penyakit asma, siswa itu pingsan karena tidak tahan menghirup udara yang sudah tercemar.

"Kita sudah lapor ke anggota dewan, semua cara-cara kita sudah lakukan, hanya dengan cara yang baik," ujarnya.

Menurut Mulyadi, keberadaan pabrik itu bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Lingkungan Hidup dan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan.

"Ada juga Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengolahan Sampah. Itu sudah melanggar aturan. Tinggal bagaimana pihak terkait untuk menertibkan," pungkasnya.