BREBES - Lima remaja dari Panti Asuhan Putra Muslimat Kauman, Brebes, Jawa Tengah, tenggelam dan hilang saat mencuci daging dan jeroan hewan kurban, Senin (12/9) siang. Kelimanya kemudian ditemukan dalam kondisi tak bernyawa.

"Kelima anak yang tenggelam di Sungai Pemali, Brebes, meninggal, yakni Komaludin (13) ditemukan pukul 13.00 WIB, Muh Ubaidillah (16) ditemukan pukul 13.00 WIB, Mutakim (18) ditemukan pukul 14.55 WIB, Andre Bimantoro (14) ditemukan pukul 15.41 WIB dan Sandi Kasmana Wirayuda (14) ditemukan pukul 16.10 WIB," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulisnya, Selasa (13/9/2016).

Sutopo menjelaskan, musibah ini terjadi pada Senin (12/9) pukul 11.15 WIB, saat para korban mencuci daging dan jeroan hewan kurban pada perayaan Idul Adha.

"Setelah mencuci daging dan jeroan mereka bermain-main di tepi sungai dan mandi. Namun, satu anak terpeleset dan hanyut ke tengah sungai. Empat anak lainnya bermaksud menolong. Tetapi karena panik dan kemungkinan tidak dapat berenang, akhirnya anak-anak tersebut tenggelam di sungai yang berkedalaman 1 hingga 2 meter," jelas Sutopo.

Tim SAR gabungan dari SAR Brebes, Basarnas Jawa Tengah, BPBD Brebes, TNI, Polri dan masyarakat yang melakukan pencarian berhasil mengevakuasi kelima korban. Mereka ditemukan tak jauh dari lokasi awal mereka terpeleset dan tenggelam di Sungai Pemali.

"Kelima korban ditemukan dalam kondisi meninggal dunia," ucap Sutopo. ***