Home >  Artikel >  SerbaSerbi

Ini Daftar Nama Korban Meledaknya Tambang Batubara di Sawahlunto

Ini Daftar Nama Korban Meledaknya Tambang Batubara di Sawahlunto
Korban ledakan tambang batubara di Sawahlunto dirawat di rumah sakit.
Selasa, 28 Juni 2016 07:05 WIB
JAKARTA - Ledakan terjadi di tambang batubara bawah tanah milik PT NAL di Desa Salak, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, Senin (27/6). Akibatnya, lima pekerja tambang mengalami luka-luka.

Demikian disampaikan, anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Sawahlunto, Afrinaldi Byom Selasa (28/6/2016).

Afrinaldi menjelaskan, peristiwa ledakan di tambang batu bara ini terjadi Senin, sekitar pukul 22.00 WIB. Korban bisa dievakuasi ke rumah sakit sekitar pukul 23.00 WIB.

"Ada lima pekerja tambang yang mengalami luka bakar akibat ledakan di dalam tambang," kata Afrinaldi.

Ads
Dia menjelaskan, kelima adalah, Siswako (40) dari Karang Anyer, Kamunki Halawa (37) asal Nias Sumatera Utara, Apri Syaiful (37) dari Sumatera Barat, Firman Dedi (43) asal Sumbar dan Adi Tusman dari Pulau Jawa.

Dari lima korban tersebut, kata Afrinadil, dua diantaranya dirawat di RSUD di Sawahlunto dengan kondisi luka bakar sekitar 30 persen. Sedangkan tiga orang lagi, pukul 03.00 WIB terpaksa dirujuk ke RSUD Muhammad Jamil Padang.

"Kondisi tiga orang lagi cukup parah dengan luka bakar mencapai 60 persen," kata Afrinaldi.

Afrinaldi menjelaskan, ledakan terjadi di lubang tambang 'H'. Di perkirakan kedalamannya antara 100 meter sampai 200 meter.

"Informasi yang kita himpun, dugaan sementara ledakan terjadi karena ada korsleting listrik yang menimbulkan percikan api. Percikan api menyebabkan terbakarnya gas dalam tambang sehingga menimbulkan ledakan," kata Afrinaldi.***
Editor : sanbas
Kategori : SerbaSerbi
www www