Home >  Artikel >  SerbaSerbi

Diberhentikan Sebagai Menteri ESDM, Arcandra Tahar: Saya Tidak Menyesalinya, Semua Sudah Ada yang Mengatur

Diberhentikan Sebagai Menteri ESDM, Arcandra Tahar: Saya Tidak Menyesalinya, Semua Sudah Ada yang Mengatur
Arcandra Tahar
Selasa, 16 Agustus 2016 09:15 WIB
JAKARTA - Presiden Joko Widodo telah memberhentikan secara hormat Arcandra Tahar sebagai Menteri Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Arcandra menganggap hal itu sebagai sebuah takdir yang harus diterimanya.

“Saya tidak menyesalinya, semua sudah ada yang mengatur. Kenapa harus menyesal? Takdir itu sudah ada yang mengatur, sudah ditetapkan,” kata Arcandra saat dihubungi Tribunnews.com, Selasa (16/08/2016) pukul 00.20 WIB.

Saat dihubungi lewat telepon, nada suara Arcandra terang dan lugas. Pria kelahiran Padang, Sumatera Barat, 10 Oktober 1970 itu, sempat balik bertanya kepada Tribunnews.com.

“Ini kan sudah malam, kok masih di kantor? Belum tidur ya?” tanya Arcandra.

Ads
Presiden Jokowi memberhentikan secara hormat Archandra sebagai Menteri ESDM pada Senin (15/8/2016) malam, melalui Menteri Sekretaris Negara M Pratikno. "Setelah memperoleh informasi dari berbagai sumber maka Presiden memutuskan memberhentikan dengan hormat Saudara Archandra Tahar sebagai menteri ESDM," ujar Pratikno di Kantor Presiden.

Presiden Jokowi mengambil keputusan tersebut setelah menyikapi pertanyaan publik soal status dwi kewarganegaran Archandra. Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan akan bertindak sebagai pelaksana tugas Menteri ESDM sampai diangkatnya Menteri ESDM yang baru.

Memojokkan Tanpa Klarifikasi

Arcandra menyadari namanya menjadi pusat pemberitaan karena memiliki dwi kewarganegaraan. Dengan tenang, ia mengomentari dirinya yang dituding macam-macam.

“Sudah banyak berita yang bercerita profile saya seorang pengkhianat, berita yang menyebutkan sosok saya tidak jujur," kata Arcandra kepada Tribunnews.com lewat sambungan telepon, Selasa (16/8/2016) dini hari.

Menurut dia, pemberitaan yang memojokkannya tersebut bergulir begitu saja, tanpa ada klarifikasi kepadanya. "Saya rasa banyak pemberitaan yang tidak melakukan klarifikasi,” ungkap dia.

  Apakah Arcandra Tahar akan kembali ke Amerika atau tetap di Indonesia? “Kalau di Indonesia, apalagi yang harus saya selesaikan? Tetapi kalau kembali ke Amerika, saya tidak lagi punya paspor Amerika. Benar, saya tidak lagi punya paspor Amerika,” kata Arcandra.

“Kita lihat besok, kalau saya masih hidup. Saya ingin istirahat dulu,” kata dia.***
Editor : sanbas
Sumber : tribunnews.com
Kategori : SerbaSerbi
www www