Home >  Artikel >  SerbaSerbi

Eko Yuli Irawan, Penggembala Kambing yang Harumkan Nama Indonesia di 3 Olimpiade

Eko Yuli Irawan, Penggembala Kambing yang Harumkan Nama Indonesia di 3 Olimpiade
Eko Yuli (kiri). (liputan6.com)
Selasa, 09 Agustus 2016 09:00 WIB
RIO DE JANEIRO - Lifter Eko Yuli Irawan menyumbang medali perak kedua bagi Indonesia di Olimpiade 2016. Pemuda asal Lampung itu menjadi runner-up di cabang olahraga angkat besi kelas 62 kg.

Pria 27 tahun itu meraih total angkatan 312 kg. Eko hanya terpaut enam kg saja dari lifter Kolombia, Oscar Figueroa yang berhak merebut medali emas dengan total angkatan mencapai 318 kg. Adapun medali perunggu menjadi milik lifter Kazakhstan, Farkhad Kharki dengan total angkatan 305 kg.

Ini merupakan medali perak pertama bagi ketiga Eko Yuli di ajang Olimpiade. Pada Olimpiade 2012 London, lifter berusia 27 tahun ini mempersembahkan medali perunggu, demikian juga pada Olimpiade 2008 Beijing, dia juga harus puas meraih medali perunggu.

Sesungguhnya Eko Yuli punya cita-cita menjadi pesepakbola, namun hal itu ternyata tidak tercapai. Ia tidak bisa menjadi pesepakbola karena terbentur biaya pendaftaran masuk Sekolah Sepak Bola (SSB).

Ads
Ketika masih sekolah, Eko Yuli menjalani hari-harinya dengan menggembala kambing dan dombanya demi meringankan pekerjaan orangtuanya. Ia berniat menjadi atlet setelah sering melihat latihan angkat besi di sebuah sasana di Lampung.

Karena rasa ingin tahunya itu, peraih medali emas SEA Games Thailand 2007 ini akhirnya memberanikan diri untuk bergabung dengan sasana angkat besi. Situasi ekonomi keluarganya tidak mempengaruhi semangatnya untuk menjadi lifter, apalagi ia didukung para pelatih yang melihat bakat dalam diri Eko Yuli.

Hingga sekarang, Eko Yuli termasuk lifter yang disegani di dunia, khususnya di nomor 56 kg dan 62 kg. Pada Kejuaraan Dunia Yunior di Praha, Republik Ceko, Eko Yuli bahkan meraih medali emas dan dinobatkan sebagai lifter terbaik ajang itu.

Eko bersyukur bisa meraih medali perak. Eko tak lupa mengucapkan terima kasih kepada rakyat Indonesia yang telah mendukung perjuangannya di Brasil.***
Editor : sanbas
Sumber : liputan6.com
Kategori : SerbaSerbi
www www