JAKARTA - Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyayangkan tayangan program Ramadhan di TVRI yang memuat gambar salib sebagai simbol agama di umat Kristiani.  

Ketua Komisi Informasi dan Komunikasi MUI, Masduki Baidlowi, mendesak TVRI segera meminta maaf kepada umat Islam.

Langkah ini sebagai upaya tetap menjaga kerukunan antar umat beragama. "Harus minta maaf, karena itu adalah kesalahan," katanya seperti dilansir Republika.co.id, Senin (13/6/2016).

Masduki menuturkan, MUI hanya menyampaikan pengaduan kepada lembaga-lembaga terkait seperti Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dan Kementerian Informasi atas tayangan-tayangan semacam ini di televisi.

MUI tidak memiliki kewenangan menjatuhkan sanksi kepada program-program yang ditayangkan di televisi. "Jadi itu tergantung bagaimana orang-orang yang punya kewenangan untuk memberikan semacam sanksi kepada televisi tersebut," ujarnya.

Apalagi, kata Masduki, TVRI di bawah pengawasan Komisi I DPR RI, sehingga jika ada kesalahan dari manajemen keuangan atau program tayang, DPR RI bisa langsung menegur sekaligus memberikan sanksi kepada TVRI. "Jadi MUI di samping akan mengadukan ke KPI, juga mengadu kepada Komisi I DPR RI," katanya.

Sebelumnya, dalam sebuah tayangan program sahur Ramadhan, Sabtu (11/6) pukul 03.18 WIB, TVRI menampilkan dua pengisi acara berjilbab dengan busana bertanda salib yang cukup jelas. Dokumentasi atas acara ini pun berkembang viral di media sosial dan cukup meresahkan masyarakat.***