MEDAN - Jamaah Tarikat Naqsabandiyah Al Kholidiyah menggelar salat tarawih pertama pada malam ini, Sabtu (4/6/2016) dan akan berpuasa mulai Ahad (5/6/2016) besok. Hal itu karena berdasarkan hitungan mereka, 1 Ramadan 1437 H jatuh pada Minggu (5/6).

"Kita mulai menggelar tarawih malam ini, karena besok mulai berpuasa," jelas Syekh Muda Muhammad Nur Zikri, tokoh di kalangan jamaah Naqsabandiyah Al Kholidiyah, Sabtu.

Salat tarawih akan digelar di masing-masing majelis tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah di seluruh Indonesia. Salah satu lokasi tarawih di rumah suluk tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah di Jalan Kongsi, Gang Leman Harahap, Marindal, Deli Serdang, Sumatera Utara.
"Jamaah kita tersebar di seluruh Indonesia, ada di provinsi lain, tidak hanya di Provinsi Sumatera Utara," jelas Muhammad Nur Zikri.

Dia mengatakan, penetapan 1 Ramadan di Tarekat Naqsabandiyah Kholidiyah tetap mengacu pada Alquran dan hadits. Penghitungan didasarkan pada kalender hisab qamariah. Karenanya, jamaah tarekat ini sudah mengetahui Idul Fitri 1437 H akan jatuh pada 5 Juli 2016. "Kita sudah tahu dari kalendernya," jelasnya.

Awal Ramadan yang ditetapkan Tarekat Naqsabandiyah Kholidiyah diperkirakan lebih cepat dari ketetapan pemerintah. Sidang isbat penetapan awal Ramadhan akan digelar Kementerian Agama pada Minggu (5/6) besok.***