JAKARTA - Putra bungsu Presiden RI Joko Widodo, Kaesang Pangarep, mengunggah video lucu tentang ledekan ayahnya terhadap model rambutnya yang baru dipangkas. Dalam video diunggah lewat akun YouTube-nya, Rabu, 25 Mei 2016 itu, Kaesang juga membalas ledekan Jokowi.

Dalam video berjudul "PILO #3 Pulang Rumah Diejek Bapak" berdurasi 1 menit 47 detik itu, Jokowi yang saat itu mengenakan kemeja putih andalannya dan sarung duduk berdampingan dengan Kaesang. Sedangkan Kaesang mengenakan kemeja hijau tua bermotif bintik.

Terlihat kemudian, Jokowi mengamati model rambut Kaesang dari samping dan terheran-heran. Adapun Kaesang cuek saja menyadari ayahnya memperhatikannya. " Nah, ini lho, cukuran kayak gini cukuran apa toh ini?" kata Jokowi dengan dialek khas Solo, Rabu, 25 Mei 2016, sambil memegang rambut anaknya.

"Ini cukuran apa sih ini? Cukuran kok kayak cukuran batok kelapa, depannya muncrit," ujar Jokowi kepada Kaesang. "Nguncrit kayak gini coba," ucap Jokowi sembari tertawa meledek anaknya. Kaesang hanya bisa tertawa diledek sang ayah.

Jokowi kemudian menuturkan seharusnya Kaesang meniru model rambutnya, bukan model tipis di samping dan tebal di atas. "Lihat, (rambut) Bapak nih bagus. Kamu masa pinggirnya tipis, atasnya tebel," kata Jokowi. "Aduh, aduh, duh, Saaaang, Kaesang."

Kaesang hanya bisa tersenyum. Namun ia berkilah bahwa gaya rambut ayahnya bukanlah yang paling bagus. "Kayak rambutnya Bapak yang paling bagus aja," ucap Kaesang. "Ya, bagus kayak gini, kok. Lebih bagus punya Bapak, gimana," ujar Jokowi.

Kaesang akhirnya mengalah dari sang ayah. Ia mengaku model rambutnya kalah bagus dibanding Jokowi.

Video yang diunggah Kaesang itu sudah ditonton 23.218 kali sejak 25 Mei 2016. Video ini melengkapi catatan Kaesang lain dalam blognya yang diberi nama Diary Anak Kampung dan vlog-nya Diary Anak Medok. Sejumlah video lagi juga diunggah Kaesang, yang kini berkuliah di Singapura dan memiliki hobi baru sebagai video bloger di YouTube. miliknya. Akun YouTube milik Kaesang sudah diikuti 41.356 pengguna lain.

Video itu disambut hangat oleh netizen. Akun Albert Florentino memberi komentar, "Bapak-anak podo wae."***