JAKARTA - Mantan Kabareskrim Komjen (purn) Susno Duadji membuah heboh di media sosial Facebook. Ya, foto bekas orang nomor satu di badan reserse Mabes Polri tampak menjadi petani sawah. Foto tersebut diposting di akun bernama Susno Duadji. 

Belum diketahui apakah benar akun Facebook tersebut milik Komjen (purn) Susno Duadji atau dibuat oleh orang lain. Yang jelas, dalam foto tersebut tampak Susno mengenakan kaos, topi belel sambil menenteng cangkul di tengah sawah.

Tak hanya itu, sebuah handuk lusuh menghiasi pundaknya.

Selain mengunggah foto, Susno Duadji juga membeberkan kisah hidupnya sejak pensiun dari Polri. Susno Duadji mengatakan, sejak penisun, dia lebih banyak tinggal di kampung halaman untuk bertani mengerjakan lahan warisan orang tuanya. Selain itu, dia juga berkebun dan membuat kolam ikan.

"Sawah ini adalah warisan orang tua saya yang juga petani, luasnya tidak seberapa," imbuh Susno Duadji.

"Sekarang saya garap sendiri, benaran loh!!! Persoalan yg kami hadapi khususnya untuk petani padi adalah murahnya harga beras/ gabah saat di musim panen sehingga biaya produksi, ongkos garap, pupuk, obat-obatan, benih tidak sebanding dng uang yg didapat dari hasil jual beras/gabah," tambah Susno.

Menurut Susno Duadji, bukan subsidi diharapkan petani, tapi harga beras dan gabah yang harus sebanding dengan ongkos produksi.

"Import beras, mekanisme pasar beras/gabah mungkin perlu diperbaiki agar memihak rakyat kecil," imbuhnya.

Untuk mengetahui persoalan yang dihadapi petani, Susno Duadji menyarankan untuk ikut mencoba menggarap sawah supaya tahu persis permasalahan dihadapi petani.

"Lokasi di Dempo Selata, Sumsel! Ini persoalan nyata kami, kami hanya bisa mengangkat problem ke publik lewat medsos, ini beneran persoalan saya dan petani lain nya, tsk ada maksud tertentu. Kami tunggu, semoga berkenan, semoga," tandas Susno Duadji. ***