Home >  Artikel >  SerbaSerbi

CATAT... Ini 12 Mata Pelajaran yang Diujikan pada SBMPTN 2016, Lengkap dengan Jadwal Ujiannya

CATAT... Ini 12 Mata Pelajaran yang Diujikan pada SBMPTN 2016, Lengkap dengan Jadwal Ujiannya
ilustrasi
Senin, 23 Mei 2016 11:00 WIB

JAKARTA - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016 memasuki babak baru. Setelah pendaftarannya ditutup pada 20 Mei 2016, kini para peserta bersiap untuk mengikuti ujian yang dijadwalkan dilaksanakan pada 31 Mei.

Perlu kamu ketahui, SBMPTN 2016 akan mengujikan 12 mata pelajaran. Namun, hal tersebut disesuaikan dengan kelompok ujian yang dipilih peserta. Kelompok ujian sendiri terbagi atas sains dan teknologi (saintek), sosial dan humaniora (soshum), dan campuran.

Bagi peserta kelompok saintek, pelajaran yang diujikan untuk tes kemampuan dasar (TKD) mencakup matematika, fisika, kimia, dan biologi. Sedangkan bagi yang memilih kelompok soshum, mata pelajaran yang diujikan mencakup sosiologi, sejarah, geografi, dan ekonomi.

Baik kelompok saintek maupun soshum sama-sama akan mengerjakan tes kemampuan dan potensi akademik (TKPA) yang terdiri dari mata pelajaran tes potensi akademis, matematika dasar, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris. Ujian TKPA juga berlaku bagi peserta kelompok campuran. Selain itu, kelompok campuran juga akan mengikuti ujian semua mata pelajaran dari kelompok saintek dan soshum.

Ads
Pada SBMPTN 2016, ujian akan berlangsung dari pukul 07.00 sampai 14.30 WIB, 08.00 sampai 15.30 Wita, dan 09.00 sampai 16.30 Wit. Ujian terbagi menjadi tiga bagian. Pada 2 jam 15 menit pertama adalah bagian peserta saintek mengikuti ujian TKD saintek. Kemudian setelah 30 menit istirahat, dua jam berikutnya ujian TKPA untuk semua peserta saintek, soshum, dan campuran. Sedangkan setelah istirahat makan siang, giliran peserta soshum mengikuti ujian TKD soshum selama 1,5 jam.

Bagi peserta campuran, otomatis akan mengikuti ujian dari pagi hingga sore dengan keseluruhan mata pelajaran yang diujikan. Adapun satu mata pelajaran yang juga diujikan pada SBMPTN 2016 adalah ujian keterampilan bagi peserta yang memilih program studi tertentu, seperti seni dan keolahragaan. ***

Editor : ridwan iskandar
Sumber : okezone
Kategori : SerbaSerbi
www www