JAKARTA - Tim Indonesia melaju ke babak final Piala Thomas 2016 di Kunshan, Tiongkok, setelah berhasil melumpuhkan Tim Korea Selatan.

Kesempatan masuk ke babak final merupakan mimpi Indonesia yang terwujud. Sebab, dalam enam tahun, Indonesia tidak mampu bermain sampai di babak puncak.

Tim Thomas Indonesia sempat ketinggalan lantaran Jonatan Christie mengalami kekalahan. Tetapi, pasangan Hendra Setiawan-Mohammad Ahsan mampu mengembalikan harapan.

Anthony Sinisuka Ginting lalu termotivasi untuk bermain dengan performa terbaik dan menyumbangkan poin. Disusul pasangan Angga Pratama-Ricky Karanda Suwardi semakin menegaskan keunggulan Tim Thomas Indonesia.

Berikut hasil pertandingan tim Thomas Indonesia melawan Korsel:

1. Jonatan Christie vs Son Wan Ho 10-21, 16-21

2. Hendra Setiawan-Mohammad Ahsan vs Lee Yong Dae-Yoo Yeon Seong 21-15, 21-12

3. Anthony Sinisuka Ginting vs Lee Dong Keun 21-18, 21-18

4. Angga Pratama-Ricky Karanda Suwardi vs Kim Gi Jung-Kim Sa Rang 21-15, 21-18

5. Ihsan Maulana Mustofa vs Jeon Hyeok Jin – tidak dimainkan.

Jokowi: Ayo Ukir Sejarah Baru

Atas capaian tersebut, Tim Thomas Indonesia mendapat banyak ucapan selamat. Tidak hanya dari para penggemar bulutangkis, melainkan dari sejumlah pejabat negara termasuk Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

"Ayo Tim Indonesia, ukir sejarah baru bulu tangkis di Final Piala Thomas. Kita dukung dan doakan Indonesia Raya bergema kembali -Jkw," tulis Jokowi melalui akun twitter @jokowi, Jumat, 20 Mei 2016.

"Selamat untuk Tim Thomas Indonesia yg melaju ke Final. Kita dukung & doakan bersama semoga bisa memboyong kembali Piala Thomas ke Tanah Air," tulis JK dalam akun twitter @Pak_JK.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi turut merasakan kegembiraan itu. Dia mengucapkan selamat dan terima kasih kepada Tim Thomas Indonesia atas perjuangan mereka hingga melaju ke final.

"MENANG! Terimakasih utk Angga/Ricky yg sudah memastikan Indonesia melaju ke final.Selamat utk tim Thomas. Trims utk pemain,pelatih & ofisial," tulis Imam di akun Twitter @imam_nahrawi.

"Sekali lagi selamat utk tim Thomas Indonesia. Terimakasih utk perjuangan kalian. Kado bagi Hari Kebangkitan Nasional yg jatuh pd hari ini," tulis Imam. ***