Home >  Artikel >  SerbaSerbi

Massa HMI Lempari Gedung KPK

Massa HMI Lempari Gedung KPK
Demo massa HMI. (merdeka.com)
Senin, 09 Mei 2016 13:48 WIB
JAKARTA- Demonstrasi yang dilakukan kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Senin (9/5), berlangsung ricuh. Massa HMI melempari gedung KPK dengan batu conblock serta membakar ban di jalanan.

Aksi pelemparan batu terjadi sekitar pukul 13.15 WIB. Kejadian ini membuat arus lalu lintas di depan gedung KPK terhambat.

Tidak ada kaca yang pecah dalam lemparan yang dilakukan massa HMI. Meski ada beberapa batu yang menyentuh kaca di gedung KPK.

Aksi ini dilakukan HMI untuk memprotes pernyataan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang yang dianggap melecehkan lembaga tersebut.

Ads
Saut Minta Maaf

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Saut Situmorang meminta agar pernyataan yang menyebut kader HMI dekat dengan korupsi tidak berbuntut panjang. Saut mengaku mengeluarkan pernyataan tersebut di luar kendalinya sekaligus menegaskan tidak bermaksud menyinggung HMI atau aktivis mahasiswa apapun.

"Saya sampaikan (pernyataan) itu di luar alam sadar saya. Saya harapkan tidak ditindak lanjuti lebih lanjut," ujar Saut saat melakukan konferensi pers di gedung KPK, Senin (9/5).

Saut berharap pernyataannya itu tidak berlanjut ke ranah hukum. "Saya pribadi mengharap itu tidak terjadi," imbuhnya lagi.

Dia menjelaskan maksud dari pernyataannya itu tidak lain adalah harapan besar Saut terhadap himpunan mahasiswa terbesar itu dalam mencetak kader-kader yang benar dan bisa membantu negara dalam menekan angka korupsi.

Terlebih lagi dia juga mengaku kehidupannya selama menjadi mahasiswa dengan HMI sangat dekat. Termasuk saat dirinya bekerja sebelum menjadi salah satu pimpinan KPK.

"Harapan besar aku tuh di balik pernyataan itu bahwa HMI lembaga besar yang harus terus berkembang dan menjadi mitra KPK dalam memberantas korupsi," tuturnya.

Pernyataan Saut sebelumnya bahwa jika lulus tahap pembinaan LK-1 di HMI, maka kader itu akan menjadi koruptor, dianggap menyudutkan dan menciderai HMI .

Sontak saja pernyataan ini menyulut ketersinggungan HMI, bahkan himpunan mahasiswa terbesar itu juga berencana untuk melaporkan Saut ke polisi.

Pengurus Besar Himpunan HMI tidak terima dengan pernyataan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Saut Situmorang, dianggap melecehkan organisasi itu. Mereka berniat melaporkan mantan staf ahli Badan Intelijen Negara itu ke Mabes Polri.

"Keputusan melaporkan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang itu, sesuai dengan hasil keputusan rapat internal PB HMI," kata Ketua Bidang Pembinaan Aparatur Organisasi (Kabid PAO) PB HMI, Hary Azwar, dalam jumpa pers usai acara pelantikan Pengurus HMI Cabang Pamekasan di Pamekasan, seperti dilansir dari Antara, Minggu (7/5).

Menurut Hary, pernyataan Saut dianggap mencederai HMI. Hanya saja, dia mengakui ada mantan kader HMI berulah dan terlibat korupsi. Namun dia tetap tidak terima dengan ucapan Saut.

Pernyataan Saut dianggap menyudutkan dan mencederai HMI adalah jika lulus tahap pembinaan LK-1 di HMI, maka kader itu akan menjadi koruptor.

"Pernyataan Saut Situmorang ini tidak seharusnya dilontarkan oleh pejabat negara seperti itu. Karena pernyataan itu, seolah menegaskan bahkan LK-1 HMI untuk mencetak kader koruptor," ujar Hary.***
Editor : sanbas
Sumber : merdeka.com
Kategori : SerbaSerbi
www www