Home >  Artikel >  SerbaSerbi

Ibtihaj Muhammad, Atlet Amerika Berhijab Pertama di Olimpiade

Ibtihaj Muhammad, Atlet Amerika Berhijab Pertama di Olimpiade
Ibtihaj Muhammad [fmo.org.uk]
Jum'at, 08 Juli 2016 07:13 WIB
NEW YORK - Atlet anggar Ibtihaj Muhammad akan menorehkan sejarah. Ia akan menjadi atlet Amerika Serikat pertama yang menggunakan hijab di Olimpiade.Ibtihaj (30) keturunan Afrika-Amerika dan ia lahir di Maplewood, New Jersey. Saat masih kecil, orang tuanya mencarikan olahraga yang sesuai dimana Ibtihaj bisa menutupi seluruh tubuhnya. Pilihan dijatuhkan pada anggar.

Awal karier Ibtihaj dimulai pada akhir 2002. Ia bergabung dengan Peter Westbrook Foundation, sebuah organisasi yang memanfaatkan olahraga anggar sebagai wahana untuk mengembangkan keterampilan anak-anak muda.

Dari sana ia kemudian diundang mengikuti latihan di Westbrook Foundation's Elite Athlete Program di New York City. Karier Ibtihaj terus berkembang sampai akhirnya masuk timnas Amerika.

Ads
"Ketika aku dengar belum pernah ada atlet berhijab di timnas Amerika, saat itulah aku membuat keputusan untuk berpartisipasi. Mudah-mudahan aku bisa membuat perubahan dan kaum minoritas bisa melihatnya dan tahu bahwa segalanya mungkin," kata Ibtihaj seperti dilansir CNN.

Ibtihaj sudah menorehkan berbagai prestasi di kancah internasional. Ia juga sukses memenangi dua medali perunggu dari tiga kejuaraan dunia anggar yang ia ikuti. Olimpiade Rio de Janeiro 2016 akan jadi olimpiade pertama Ibtihaj.

Editor : Kamal Usandi
Sumber : liputan6.com
Kategori : SerbaSerbi
www www