MAKANAN memang memiliki rasa yang lebih sedap saat dimakan dalam keadaan hangat. Hangat saat baru matang memang menggoda tapi hangat usai dipanaskan dalam microwave kadang mengundang bencana. Ada beberapa makanan yang ternyata tidak boleh dipanaskan dalam microwave salah satunya ayam. Dilansir dari Brightside, Rabu (18/1/2017) berikut beberapa makanan selain ayam yang bahaya disantap ketika usai dipanaskan dalam microwave. Jika makanan ini biasa Anda panaskan dan santap, sebaiknya besok jangan melakukan hal yang sama.

Ayam

Ayam adalah satu makanan dengan sumber protein yang cukup tinggi. Tapi protein ini justru bisa jadi malapetaka saat olahan ayam dipanaskan dalam microwave. Kandungan protein pada ayam secara alami akan mengalami perubahan dan bisa menjadi masalah dalam sistem pencernaan. Bukan berarti Anda harus membuang olahan favorit, cukup campurkan dalam salad atau sandwi h dan santap dengan nikmat meskipun ayam tidak dalam kondisi hangat.

Kentang

Tak banyak yang menyangka jika kentang bisa menjadi makanan yang berbahaya jika dipanaskan dalam microwave. Kentang yang dipanaskan akan kehilangan rasa dan juga nutrisinya, lebih parah karena berpengaruh juga pada efek kesehatan. Jika punya sisa olahan kentang sebaiknya langsung menyantapnya meskipun dalam keadaan dingin atau mencampur kentang dalam salad sayuran yang segar.

Buah bit

Dimakan dalam keadaan utuh ataupun sebagai olahan, buah bit tetap memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Tapi lain ceritanya jika buah bit dipanaskan dalam microwave. Bit mengandung nitrat yang akan menjadi senyawa beracun jika dikonsumsi dalam keadaan hangat setelah dipanaskan dalam microwave. Santap bit dalam keadaan segar atau olah sebagai campuran smoothie.

Nasi

Sepiring nasi hangat dengan kepulan asap tipis tak pernah gagal menggoda untuk segera disantap. Tapi memanaskan nasi dingin dalam microwave akan membuatnya menjadi santapan yang berbahaya. Bakteri dalam nasi akan meningkat saat nasi didiamkan di suhu ruang namun memanaskan dalam microwave bukanlah solusi karena bakteri yang sudah terlanjur berkembang akan membuat nasi memiliki sifat racun.