BILA Anda pernah melihat hantu, biasanya ada perasaan gelisah dan ingin segera kabur dari tempat itu. Daripada pergi ke dukun, mungkin Anda lebih baik pergi ke seorang ahli mata terkemuka, Bisa jadi ada sindrom langka yang bisa memengaruhi masalah penglihatan Anda. Salah satunya, degenerasi makula, penyebab utama kebutaan, menyebabkan penderita kehilangan penglihatan perifer. Namun, ada banyak kondisi lain yang merajuk pada sindrom Charles Bonnet. Sindrom ini ditandai ketika seseorang bisa melihat halusinasi aneh.

Dr David Allamby, ahli bedah laser mata di London's Focus Clinic percaya, pasien cenderung mengalami pengalaman yang nyata akibat kondisi tersebut. Ia menambahkan, penderita bisa berasumsi bajwa mereka memiliki pengalaman supranatural.

"Kenyataannya, yang mereka lihat hanya bagian dari gejala yang tidak disadari, Bila Anda melihat hantu, peri, setan, atau alien, Anda harus segera melakukan tes mata Anda," kata dr Allamby.

Kurangnya informasi yang diterima, mereka mencoba menyimpulkan sendiri hal yang telah dialaminya.

Perlu diketahui, mereka yang mengalami degenerasi mengalami halusinasi di beberapa titik. Terdapat pola grid sederhana, bentuk, titik-titik berwarna, atau gambar hidup. Halusinasi ini bertahan selama berjam-jam dan tidak banyak orang yang mengetahuinya.

Ketika pasien mulai melihat bentuk aneh, biasanya ditandai dengan adanya migrain. Bisa saja ini efek samping dari stroke, atau penggunaan narkoba dan alkohol.

Meskipun tidak ada obat medis, sindrom Charles Bonnet ini biasanya akan membaik sendiri bila dalam beberapa waktu tertentu.

Seorang pasien asal Kanada, Jack Hunter, memiliki gangguan penglihatan akibat glaukoma, katarak, dan degenerasi otot. Ia pernah melihat sebuah penampakan yang nyata di matanya.

"Aku melihat seorang wanita dan ia sedang mengepel lantai. Saya melihat wanita itu berdiri dan satu tangan masuk dan keluar, gerakannya seperti menyapu lantai," terang Jack.

Ketika ia semakin mengamati penampakan itu, semakin memudar pula penampakannya hingga lenyap sama sekali.

Meski efek dari sindrom ini membuat orang seakan berhalusinasi, bukan berarti sindrom Charles Bonnet atau penyakit lainnya, terkait erat dengan masalah kesehatan mental. Halusiniasi hanya efek samping penderita sindrom ini dan tidak memengaruhi kesehatan mental mereka, Demikian dilansir dari laman Dailymail, Senin (16/7/2017).