Ada beberapa yang memang dapat dijelaskan secara ilmiah. Seperti dilarang merokok saat hamil. Pasalnya merokok saat sedang hamil dapat menyebabkan implikasi serius. Apa pengaruhnya pada ibu hamil?

Merokok merupakan salah satu kebiasaan buruk yang memiliki dampak negatif sangat besar pada siapa saja. Tidak peduli sedang hamil atau tidak.

Racun yang terkandung dalam rokok dan zat berbahaya lainnya, seperti nikotin akan terakumulasi dalam sistem tubuh ibu hamil sehingga dapat mengalami kerusakan. Beberapa efek samping utama dari rokok adalah gigi menguning, bau mulut, bibir menghitam, gangguan pencernaan, mual, kehilangan nafsu makan, penyakit pernapasan, sinus, kanker tenggorokan, mulut, bibir, paru-paru, dan lain-lain.

Dari sekian banyak implikasi negatif tersebut, sangat jelas bahwa merokok adalah salah satu kebiasaan yang harus benar-benar dihentikan. Terutama bagi wanita hamil.

Apa pengaruhnya pada anak?
Sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa jika seorang wanita merokok pada saat hamil, maka bayinya memiliki risiko besar terkena semacam penyakit ginjal di usia muda.

Perlu dicatat bahwa kemungkinan anak terkena gangguan ginjal ketika mereka masih muda adalah lebih dari 16,7 persen ketika ibu tetap merokok selama masa kehamilan. Selain terkena gangguan ginjal, ada beberapa dampak yang serius, di antaranya:

1. Lahir prematur
2. Kematian bayi mendadak
3. Mengidap asma
4. Infeksi saluran pernapasan
5. Terganggu kesuburan anak di masa yang akan datang
6. Gangguan tingkah laku, emosional, dan kemampuan belajar
7. Lahir dengan berat badan di bawah normal
8. Bayi rentan terkena infeksi
9. Cacat bawaan pada kaki, jantung, tengkorak, otot, atau bagian tubuh lainnya
dll.

Untuk itu, sebaiknya wanita tidak merokok pada saat kehamilan.