LOS ANGELES - Seorang siswa SMA di Los Angeles, Amerika Serikat mendapatkan uang kompensasi 6 juta dolar AS atau hampir Rp79 miliar setelah menghamili gurunya.

Sejak berusia 16 tahun, siswa ini sudah menjalin hubungan asmara dengan Laura Whitehurst (31), hingga Laura hamil. Kehamilan ini dianggap "keajaiban" karena guru berparas cantik ini mengira dirinya tak bisa mengandung.

Laura, yang dikabarkan juga menjalin hubungan asmara dengan dua muridnya yang lain, dijatuhi hukuman penjara dua bulan setelah melahirkan bayi perempuannya.

Sang siswa, yang  diidentifikasi dengan nama samaran John BB Doe, mengklaim para pengelola sekolah mengetahui perilaku Laura melakukan pelecehan seks kepadanya, tetapi mereka seakan menutup mata.

Kini otorita pendidikan California, AS akan membayarkan kompensasi bernilai jumbo itu setelah siswa itu mengajukan gugatan hukum karena merasa diabaikan dan dilecehkan secara seksual.

Vince Finaldi, pengacara yang mengajukan gugutan terhadap Redlands Unified School Distrik, mengatakan, ini adalah uang kompensasi yang diberikan sebuah intitusi pemerintah dalam kasus pelecehan seksual terhadap anak-anak.

Finaldi, kepada harian Redland Daily Facts mengatakan, jumlah kompensasi 6 juta dolar itu tidak muncul begitu saja.

"Dari bukti-bukti yang ada sangat cukup untuk menyatakan bahwa otorita yang berwenang mengetahui masalah ini. Pemerintah tak punya pilihan selain membayarkan kompensasi ini," ujar Finaldi.

Apalagi, siswa itu juga harus bertanggung jawab memelihara bayi hasil hubungannya dengan sang guru, Laura Whitehurst.

Sementara itu, Laura Whitehurst hanya menjalani separuh dari vonis 12 bulan penjara yang diterimanya pada Agustus 2013.

Awalnya Laura terancam hukuman 29 tahun penjara untuk 41 dakwaan kasus kekerasan seksual yang dilakukannya. Namun, setelah dia mengaku bersalah untuk enam dakwaan, hukuman Laura dikurangi hingga hanya satu tahun penjara.

Laura juga harus menjalani masa percobaan selama lima tahun dan akan dimasukkan ke dalam daftar pelaku pelecehan seksual.

Laura Whitehurst, yang mengajar bahasa Inggris di SMA Citrus Valley, Redlands ditahan setelah orangtua siswa mengatakan anak mereka adalah ayah dari bayi dari Laura.***