BAGHDAD - Sedikitnya 11 bayi baru lahir tewas akibat terbakarnya sebuah rumah sakit bersalin di ibu kota Irak, Baghdad.

Otoritas setempat dalam keterangannya kepada media mengatakan, tujuh anak dan 29 perempuan berhasil diselamatkan setelah api menjalar pada Rabu dinihari, 10 Agustus 2016, waktu setempat, di rumah sakit bersalin Yarmouk, sebelah barat ibu kota. "Mereka dipindahkan ke rumah sakit terdekat," ujar kantor Kementerian Kesehatan Irak dalam sebuah pernyataan.

Hingga sat ini, jelas Kementerian Kesehatan, penyebab kebakaran tersebut belum diketahui. Tapi diduga luapan api tersebut berasal dari masalah listrik.

Kebakaran disebabkan oleh listrik sudah umum di Bagdad dan sejumlah tempat di negeri tersebut disebabkan pemeliharaan dan kondisi pemasangan listrik sangat buruk.

Gambar-gambar yang muncul di media sosial menunjukkan kondisi rumah sakit sangat tidak terawat dengan baik. Tampak sejumlah kecoa keluar dari ubin yang retak, sampah tampak berserakan dimana-mana, toilet kotor, dan pasien dibaringkan di halaman rumah sakit.

"Rumah sakit ini sangat kotor," kata anggota keluarga pasien kepada kantor berita Reuters. "Kami terpaksa harus membawa tempat tidur sendiri."***