MANILA – Beberapa waktu lalu kelompok militan ISIS mendeklarasikan berdirinya kekhalifan mereka di Filipina. Salah satu militan yang ikut deklarasi tersebut adalah seorang warga negara Indonesia (WNI). Melalui selnya di Filipina, ISIS menyerukan perang di Asia Tenggara.
Kini sel ISIS di Filipina merilis video ancaman serangan teror selama penyelenggaraan kontes kecantikan Miss Universe. Negeri Lumbung Padi dijadwalkan menjadi tuan rumah ajang pencarian perempuan tercantik sejagad itu pada Januari 2017.

“Kanal Telegram ISIS di Filipina mengunggah video cara pembuatan sabuk peledak dan menyerukan ‘pembuatan bom untuk Miss Universe’,” tulis kelompok intelijen independen, SITE Intel Group, dalam akun Twitter mereka, sebagaimana dikutip dari Telegraph, Selasa (9/8/2016).

“Saudara yang ingin menjadi martir, siapa pun yang bisa melakukan serangan, hendaknya melakukan serangan teror di ajang itu,” isi video tersebut. Namun, keaslian video itu masih belum dapat dipastikan.

Ancaman dari ISIS akhir-akhir ini meningkat di Filipina. Kelompok Abu Sayyaf juga menyatakan kesetiaan kepada kelompok militan di Irak dan Suriah tersebut.

Abu Sayyaf selama ini terkenal dengan aksi penyanderaannya, terutama kepada puluhan WNI di Laut Sulu.