KUALALUMPUR -Departemen Pembangunan Islam Malaysia melarang umat Islam memainkan permainan game Pokemon GO di aplikasi telepon pintar mereka.

"Game ini akan menimbulkan efek negatif pada anak-anak dan remaja. Oleh karena itu, Departemen Pembangunan Islam Malaysia mendesak umat Islam di negara ini untuk menghindari bermain Pokemon GO,” kata Direktur Departemen Pembangunan Islam Malaysia Othman Mustapha, seperti dilansir Channel News Asia, Senin, 8 Agustus 2016.

Keputusan tersebut sejalan dengan pendangan hukum di negara-negara muslim lainnya. Bahkan Othman mengatakan permainan Pokemon GO dianggap sebagai penyebab insiden yang membahayakan seseorang ke titik yang mengancam kehidupan mereka.

Othman mengatakan, ada laporan dari seluruh dunia, kecelakaan dan perampokan terjadi akibat terganggu oleh pengguna Pokemon GO. Ia mencontohkan di Iran yang telah melarang sama sekali permainan tersebut.

Ia pun menyebutkan negara-negara lain telah mengeluarkan peringatan tentang aplikasi itu. Othman menambahkan pada Minggu lalu, seorang pria Malaysia diberi surat panggilan di Negara Bagian Malaysia Pahang karena menggunakan Pokemon GO saat mengemudi.***