ALJIR - Pesawat Algerie Air yang terbang dari Ibu Kota Aljazair, Aljir, menuju Kota Marseille, Prancis selatan, hilang dari radar. Pesawat diketahui mengeluarkan sinyal darurat sebelum benar-benar tidak terlihat dari jalur di radar.

"Penerbangan AH1020 tidak terdeteksi oleh Flightradar24. Tidak diketahui apakah hilang dari jangkauan atau sudah mendarat," menurut Flighradar24, layanan aplikasi penyedia informasi penerbangan, Sabtu, 6 Agustus 2016.

Informasi lain menyebutkan bahwa pesawat berjenis Boeing 737-600 itu sempat berbalik dari jalur yang semestinya. Sementara ketinggian terakhir yang tercatat adalah 7.000 meter di atas permukaan laut.

"Penerbangan yang Anda cari telah mendarat atau keluar dari jangkauan jaringan kami," tulis layanan itu.

Pesawat Boeing 737.600 milik Algerie Air hilang dari radar saat melintas di atas Laut Mediterania yang memisahkan Benua Afrika dan Eropa. 

Setelah 30 menit lepas landas, pesawat dengan nomor penerbangan AH1020 melaporkan ada kerusakan teknis dan meminta izin kembali ke Bandara International Algerian. Setelah sempat terbaca di radar memutar arah. Pesawat kemudian hilang dari radar.

Menurut situs Flightradar24 situs pemantauan langsung lalu lintas udara, pesawat berada dalam ketinggian 27.400 kaki.

Sementara menurut situs @airlivenet, dengan kondisi seperti ini, pesawat bisa saja keluar dari jangkauan radar atau sudah melakukan pendaratan darurat. Namun, dua kemungkinan belum terkonfirmasi pihak terkait.***