Home >  Artikel >  SerbaSerbi

Sebuah Gunung Akan Diberikan Norwegia Kepada Finlandia Sebagai Hadiah, Maksudnya Utuk Apa?

Sebuah Gunung Akan Diberikan Norwegia Kepada Finlandia Sebagai Hadiah, Maksudnya Utuk Apa?
ilustrasi
Jum'at, 29 Juli 2016 15:48 WIB

OSLO - Memberikan hadiah itu, sudah lazim dilakukan dalam setiap moment. Tapi kali ini, hadiah yang diberikan adalah sebuah gunung. Hadiah ini diberikan oleh Pemerintah Norwegia kepada Pemerintah Finlandia. Maksudnya untuk apa ya?

Ternyata, hadian berupa gunung itu diberikan sebagai hadiah ulang tahun karena Finlandia akan merayakan 100 tahun kemerdekaannya dari Rusia.

Puncak arktik gunung Halti saat ini berada di sisi Norwegia. Puncak ini merupakan perbatasan antara kedua negara Skandinavia tersebut. Gunung dengan 1.365 meter di atas permukaan laut itu memiliki tinggi hampir sama dengan Ben Nevis.

Perdana Menteri Norwegia Erna Solberg sedang mempertimbangkan pemberian puncak gunung itu untuk Finlandia, yang akan menjadi puncak baru tertinggi negara itu. Dengan memberikan gunung, itu artinya memindahkan batas nasional di daerah itu sekitar 40 meter.

Ads
''Ada beberapa tantangan formal dan saya sama sekali tidak memutuskan apakah saya akan mendukung ini,'' kata Solberg dilansir dari the Independent, Kamis (28/7/2016).

Gagasan tidak biasa ini merupakan milik pensiunan karyawan Norwegia Mapping Authority Bjørn Geirr Harsson. Ia memiliki ide ini dekade lalu dan telah melakukan survei dengan pesawat pada 1972.

Harsson (76 tahun) baru-baru ini terlibat dalam kamanye daring berjudul 'Halti sebagai hadiah ulang tahun' yang diluncurkan oleh anaknya tahun lalu. Kini kampanye telah memiliki hampir 14 ribu dukugan di Facebook.

''Mari beri Finland ketinggian baru,'' tulis deskripsi kampanye.

Menurutnya, tidak akan ada banyak perubahan di pegunungan Norwegia, yang menawarkan hampir 300 puncak dengan lebih dari 2000 meter dpl. Titik tertinggi di Finlandia saat ini lebih kecil dari pegunungan yang dikenal sebagai Halditsohkka.***

Editor : Hermanto Ansam
Kategori : SerbaSerbi
www www