BEIJING - Karena geram melihat Korea Selatan (Korsel) menempatkan terminal sistem radar di wilayah dekatnya, Cina pun mengimbangnya dengan membangun sistem pertahanan udara. Pada Kamis (28/7/2016), Kementerian Pertahanan Cina mengonfirmasi pemerintah akan merealisasikan rencana itu.

''Mengembangkan kemampuan untuk pertahanan rudal yang sesuai diperlukan oleh Cina untuk menjaga keamanan nasionalnya,'' kata Juru bicara kementerian pertahanan, Yang Yujun dalam konferensi pers bulanan.

Menurutnya, sistem terkait akan mengembangkan kemampuan pertahanan diri Cina. Ia mengatakan sistem ini tidak menargetkan negara tertentu dan tidak akan berimbas pada stabilitas strategis internasional.

Sebelumnya, Cina sangat geram setelah melihat Korsel benar-benar menempatkan Terminal High Altitude Area Defence (THAAD) di wilayah. Korsel bersikeras langkah ini khusus untuk melawan ancaman Korea Utara.

Namun Cina protes dan memperingatkan bahwa keputusan tersebut akan merusak stabilitas keamanan wilayah. Cina khawatir sistem radar itu akan digunakan untuk melacak kemampuan militernya.***