Home >  Artikel >  SerbaSerbi

Setelah 9 Tahun Ditutup, Akhirnya Pintu Gerbang ke Jalur Gaza Akan Kembali Dibuka Israel

Setelah 9 Tahun Ditutup, Akhirnya Pintu Gerbang ke Jalur Gaza Akan Kembali Dibuka Israel
pintu gerbang jalur darat Rafah
Sabtu, 16 Juli 2016 11:54 WIB
GAZA - Setelah sembilan tahun ditutup, akhirnya pintu gerbang ke jalur Gaza akan kembali dibukan Israel. Demikian diatakan juru bicara Badan Kementerian Pertahanan Israel (COGAT).''Pintu gerbang Erez akan dibuka lagi untuk memasukkan barang-barang menuju Gaza. Ini dilakukan untuk membantu para importir Palestina memasukkan barang-barang dan membantu perekonomian di Jalur Gaza,'' kata juru bicara tersebut, seperti dilansir Dailymail.

Sejak 2007 Pintu Gerbang Erez dilarang dilewati secara individual. Sedangkan barang-barang masuk melalui Gerbang Kerem Shalom di selatan Gaza.

Erez terletak di utara Jalur Gaza, selain itu juga lebih dekat dengan kota-kota Israel dari pada Kerem Shalom. Sehingga melalui Erez barang-barang lebih mudah dimasukkan dari pelabuhan Israel, Ashdod.

Ads
Selama ini Israel telah memblokir Jalur Gaza sehingga menyusahkan importir memasukkan barang-barang kebutuhan rakyat Palestina. Israel memblokir Gaza karena takut Hamas akan membangun kembali kekuatan militer dan posisinya.

Menurut Bank Dunia dan PBB, sikap Israel memblokir Jalur Gaza telah membunuh ekspor impor di Gaza. Selain itu juga mematikan ekonomi rakyat Palestina yang hidup di Jalur Gaza.***

Editor : Hermanto Ansam
Kategori : SerbaSerbi
www www