MADINAH - Pelaku peledakan bom bunuh diri di dekat sebuah pos polisi di luar kompleks masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi, pada Senin (4/7/2016), mendapat kecamatan dari berbagai pihak. 

Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Arab Saudi, Rahmat Aming mengabarkan, situasi keamanan di Madinah, maupun di Masjid Rasullah Muhammad SAW itu sudah dalam kondisi normal. 

Ia menerangkan, aksi keji ledakan di sekitar masjid peninggalan Rasulullah tersebut terjadi menjelang buka puasa, Senin (4/7/2016) petang waktu setempat.

Informasi yang didapat kedutaan, kata dia, ledakan terjadi di Pelataran Bab 27, dekat dengan Komplek Pemakaman Baqi, persis di depan Gedung Mahkamah Madinah. ''Sekitar ratusan meter dari halaman Masjid Nabawi. Di areal parkiran mobil,'' kata Rahmat kepada Republika.co.id, Selasa (5/7/2016).

Meski sempat membikin gempar umat Muslim di seluruh dunia, namun diterangkan dia, saat ini kondisi sudah kembali aman.

''Sudah normal. Tadi juga masih berlangsung shalat tarawih,'' sambung dia.

Sebuah ledakan bom bunuh diri menghantam Kota Madinah, di dekat Masjid Nabawi pada Senin (4/7/2016) petang waktu setempat. Kejadian ini menjadi rangkain ledakan ketiga kalinya yang terjadi di Arab Saudi dalam satu hari ini. Sebelum terjadi di sekitaran Masjid Nabawi, aksi bom bunuh diri juga menerpa Kota Qatif dan Jeddah.

Ledakan di Madinah menewaskan tiga petugas keamanan dan empat lainnya dalam kondisi luka berat. Sementara di Kota Qatif dan Jeddah, lima orang dilaporkan tewas.***