NEW DELHI - A Vinupriya, seorang gadis berusia 21 tahun dari negara bagian Tamil Nadu, India, nekat bunuh diri setelah seseorang yang tidak dikenal memodifikasi gambarnya di situs sosial Facebook. Setelah disunting sedemikian rupa, foto dirinya jadi berpakaian tidak senonoh alias nyaris bugil. Vinupriya tidak kuat menanggung malu akibat komentar di media sosial, sehingga memilih menggantung diri.

Menurut polisi setempat seperti yang dilansir Times of India pada 28 Juni 2016, catatan bunuh diri yang ditemukan di kamar korban menyatakan Vinupriya tidak dapat menangani situasi sulit ini. Terutama setelah orang tuanya menduga ia sendiri yang sengaja mengunggah gambar tak senonoh itu ke Facebook.

"Catatan bunuh diri ditemukan di kamarnya, di mana dia menyatakan dia tidak kuat menghadapi situasi tersebut," kata pimpinan polisi, Sankari DSP Kandasamy.

Sebelum anaknya bunuh diri, ayah Vinupriya, Annadurai, 50, sebenarnya sudah membuat pengaduan ke polisi dan meminta mereka mengambil tindakan terhadap sang individu? yang memodifikasi gambar anaknya dan mengunggah foto itu ke laman media sosial terbesar di dunia: Facebook.

Namun, polisi lamban bertindak. Gambar Vinupriya yang dimodifikasi menjadi setengah telanjang dengan cepat tersebar luas di media sosial. Dia pun tidak kuat menanggung pelecehan mental dan stigma sosial sampai memutuskan bunuh diri.

Keluarga Vinupriya masih menyalahkan polisi dan menolak untuk menerima jenazah Vinupriya dari rumah sakit setelah otopsi. Mereka menilai polisi bertanggung jawab atas kematian Vinupriya.***