Home >  Artikel >  SerbaSerbi

Ini Profil Imam Zaid Shakir yang akan Pimpin Pemakaman Muhammad Ali

Ini Profil Imam Zaid Shakir yang akan Pimpin Pemakaman Muhammad Ali
Imam Zaid Shakir dalam jumpa pers Senin 6 Juni 2016 lalu [tangkapan layar Youtube]
Jum'at, 10 Juni 2016 11:17 WIB

LOUISVILLE, AS - Upacara pemakaman petinju legendaris tinju dunia Muhammad Ali Louisvelle, negara bagian Kentucky, Amerika Serikat akan dipimpin oleh Imam Zaid Shakir. Siapa Imam Zaid Shakir?

Zaid Shakir terlahir dengan nama Ricky Daryl Mitchell, dia adalah cendekiawan muslim AS dan turut mendirikan Zaytuna College, kampus Islam terakreditasi pertama di AS yang terletak Berkeley, California. Di kampus itu Zaid mengajar bahasa Arab, hukum Islam, sejarah Islam dan spiritual Islam.

Pria kelahiran 24 Mei 1956 ini menjadi mualaf pada tahun 1977 saat mengabdi di Angkatan Udara AS. Dia meraih sarjana bidang hubungan internasional di American University, Washington DC dengan gelar summa cumlaude. Kemudian dia mengejar master bidang ilmu politik di Rutgers University.

Selepas itu, Shakir mempelajari Islam ke Abu Nour University di Suriah, juga Maroko selama sekitar 7 tahun lebih. Shakir mencari ilmu lebih dalam tentang bahasa Arab, hukum Islam, studi Alquran hingga spiritualitas Islam pada cendekiawan muslim seperti Sheikh ?Abd al-Rahman al-Shaghuri dan Sheikh Mustafa Al-Turkmani. Gelar sarjana di bidang Sains Islam diraihnya pada 2001.

Ads
Dia juga mendirikan United for Change sejak 2009. Lembaga ini mengupayakan wacana modern untuk memberikan kesadaran yang lebih luas tentang Islam dan relasi antaragama, yang bertujuan menjembatani keragaman melalui kerjasama dan kemauan baik. Tahun 2015 dia meneken nota kesepahaman antara Zaytuna College dengan Seminari Hartford-Connecticut.

Shakir ditunjuk keluarga Muhammad Ali untuk memimpin upacara pemakamannya. Sosoknya tampil bersama juru bicara keluarga Ali, Bob Gunnel saat memberikan keterangan mengenai rencana pemakaman untuk Ali pada Senin 6 Juli lalu.

"Muhammad Ali melampaui komunitas tertentu. Dia lebih besar dari komunitas Muslim, lebih besar dari masyarakat Afrika-Amerika, lebih besar dari masyarakat Amerika. Dia adalah seorang tokoh global, ia adalah seorang tokoh yang sangat besar. Saya kira pantas bagi semua komunitas untuk berpartisipasi dalam momen pemakamannya," tutur Shakir dalam jumpa pers itu.

Imam Zaid Shakir mengajak umat muslim khataman Alquran untuk Muhammad Ali (Tangkapan layar Facebook Imam Zaid Shakir)

Dalam akun facebook Shakir, Imam Zaid Shakir, dia mengajak umat muslim dari seluruh dunia berpartisipasi untuk mengkhatamkan Alquran untuk Ali, serta salat ghaib yang diadakan pada 9-10 Juni.

Editor : Kamal Usandi
Sumber : detik.com
Kategori : SerbaSerbi
www www