Home >  Artikel >  SerbaSerbi

Kisah Masjid Cikal Bakal Universitas Tertua di Dunia, Almamaternya Ibnu Khaldun Sang Penulis ''Mukaddimah''

Kisah Masjid Cikal Bakal Universitas Tertua di Dunia, Almamaternya Ibnu Khaldun Sang Penulis Mukaddimah
Universitas al-Karaouine. (detiktravel)
Senin, 06 Juni 2016 18:09 WIB
FES- Kota Fes di Maroko merupakan jantung kuno peradaban Islam. Di sana terdapat masjid yang kini menjadi universitas tertua di dunia.

Sebagai salah satu kota paling kuno di dunia, Fes memegang peranan besar dalam perkembangan Islam di dunia. Misalnya saja dalam soal budaya serta ajaran agama Islam.

Dilansir detikTravel dari situs Visit Maroko, Senin (6/6/2016), Fes juga memiliki masjid yang bertransformasi menjadi universitas tertua di dunia yang masih beroperasi hingga kini. Namanya Masjid Al-Quaraouiyine atau yang populer disebut Al-Karaouine.

Sejarahnya, dahulu hidup seorang perempuan bernama Fatima al-Fihri yang merupakan anak dari pedagang kaya Arab bernama Mohammed al-Fihri. Awalnya mereka hidup di Tunisia, namun bermigrasi ke Fes di Maroko pada awal abad ke-9.

Ads
Di Fes, Fatima menggunakan seluruh uang peninggalan keluarganya untuk membangun Masjid Al-Quaraouiyine pada tahun 859. Pemilihan nama itu diambil dari nama kota Kairouan di Tunisia yang menjadi kota tempat tinggal Fatima dulu.

Tapi tidak hanya menjadi tempat ibadah, Masjid Al-Quaraouiyine juga menjadi tempat belajar komunitas dan madrasah untuk menimba ilmu Al-Quran. Masjid tersebut bahkan memiliki umat hingga 22 ribu sekaligus yang terbesar di Afrika.

Setelah lewat seratus tahun, masjid tersebut kemudian menjadi pusat pembelajaran dalam dunia muslim. Dari yang awalnya hanya menjadi tempat menghafal Al-Quran, berubah jadi lokasi belajar huruf Arab, musik, sufi hingga astronomi.

Pada tahun 1947, materi sekolah pun mulai ditambahkan di madrasah tersebut. Lalu pada tahun 1963, madrasah tersebut berganti nama menjadi Universitas al-Karaouine. Hanya murid laki-laki yang beragama Islam saja yang boleh masuk ke situ.

Interior indah bertuliskan kaligrafi Arab (University of Al Quaraouiyine/Facebook) Muridnya pun datang dari berbagai sudut Moroko, Afrika Barat hingga Asia Tengah. Universitas tersebut juga menghasilkan banyak almamater ternama. Salah satunya adalah sejarawan Ibnu Khaldun.

Hal itu pun membuktikan, bahwa bukan Universitas Oxford atau Cambridge yang menetapkan standar pembelajaran untuk universitas. Melainkan masjid yang menjadi madrasah dan Universitas al-Karaouine di Fes ribuan tahun lalu.

Guinness World Record dan UNESCO bahkan juga mencatat Universitas al-Karaouine di Maroko sebagai lembaga pendidikan tertua yang masih beroperasi hingga kini. Disusul oleh Universitas Bologna di Italia sebagai yang tertua di Eropa. ***
Editor : sanbas
Sumber : detiktravel
Kategori : SerbaSerbi
www www