Home >  Artikel >  SerbaSerbi

Kebakaran Tewaskan 49 Anak, 10 Pejabat Dipenjarakan

Kebakaran Tewaskan 49 Anak, 10 Pejabat Dipenjarakan
Suasana pemakaman korban kebakaran 2009 silam. (detik.com)
Minggu, 15 Mei 2016 09:27 WIB
MEXICO CITY- Sepuluh pejabat pemerintah dipenjara karena diputuskan bersalah dalam kasus tewasnya 49 anak akibat kebakaran yang terjadi di penitipan anak (day care) ABC di Kota Meksiko pada 2009 silam.

Dikutip dari AFP, Minggu (15/5/2016), sumber di pengadilan pada Sabtu (14/5) menyatakan, hukuman penjara yang dijatuhkan terhadap 10 pejabat tersebut bervariasi dari 20 hingga 29 tahun.

Pejabat yang dinyatakan bersalah dan dihukum penjara di antaranya Kepala Penitipan serta Kepala Pemadam Kebakaran dan Keselamatan Publik. Tidak disebutkan secara rinci siapa-siapa saja  para pejabat ini dan siapa namanya.

Kasus ini bergulir di Pengadilan Negara Bagian Sonora, Meksiko. Banyaknya korban meninggal dalam kebakaran di penitipan anak yang dikelola pemerintah daerah tersebut dianggap karena adanya unsur kelalaian.

Ads
AFP menuliskan, api menyebar cepat di lokasi penitipan anak saat 141 anak berada di dalamnya. Dalam gedung tersebut hanya ada dua pintu keluar. Selain 49 anak meninggal, 70 anak lainnya mengalami luka-luka. Pemerintah setempat mengatakan bahwa ini adalah kecelakaan yang tragis.

Setelah dilakukan investigasi, secara resmi disimpulkan bahwa api berasal dari pendingin ruangan di gudang kertas yang mengalami 'overheat'. Gudang kertas tersebut berlokasi di Hermosillo, sisi barat laut ibu kota negara bagian Sonora.

Para orangtua yang menitipkan anaknya di penitipan tersebut lalu menduga adanya unsur kesengajaan dari kebakaran tersebut setelah mereka menemukan beberapa potongan bukti baru. Mereka menduga api telah disetting di gudang tersebut agar api dapat menghanguskan dokumen terkait utang negara sebesar USD 800 juta. ***
Editor : sanbas
Sumber : detik.com
Kategori : SerbaSerbi
www www