ISLAMABAD Gempa dengan kekuatan 6,9 pada Skala Richter (SR) mengguncang Ibu Kota Pakistan, Islamabad. Gempajuga terjadi di beberapa bagian Punjab timur serta Provinsi Khyber Pakhtunkhwa di bagian barat-laut negeri tersebut pada Sabtu (26/12) dini hari.

Ghulam Rasool, Direktur Jenderal Kantor Meteorologi Pakistan mengatakan pusat gempa itu dipastikan berada pada kedalaman 197 kilometer di gugusan Gunung Hindukush di sepanjang perbatasan Pakistan-Afghanistan. Gempa tersebut mengguncang selama 50 detik di beberapa bagian negeri itu termasuk di bagian timur-laut Kashmir.

Ia menyatakan beberapa gempa susulan dengan kekuatan sedang diperkirakan juga mengguncang negeri tersebut dalam beberapa jam ke depan. Sementara itu banan meteorologi AS (USGS) menyatakan gempa tersebut berkekuatan 6,2 Skala Richter dengan kedalaman 203 kilometer di Daerah Ashkasham, Afghanistan.

Saat mengomentari perbedaan kekuatan gempa itu, Ghulam Rasool menyatakan laporan kantor meteorologi Pakistan lebih akurat dibandingkan dengan laporan USGS sebab mereka memantau seluruh keadaan secara seksama dan tekonologi mereka di wilayah tersebut lebih canggih dibandingkan dengan milik AS.

Belum ada laporan mengenai korban jiwa, tapi media lokal memberitakan tembok beberapa rumah tampak mengalami keretakan di Daerah Kashmir. Lembaga Penanganan Bencana di Provinsi Khyber Pakhtunkhwa mengatakan mereka menghubungi kantor cabang mereka di berbagai wilayah untuk memeriksa kemungkinan kerusakan yang ditimbulkan oleh gempa itu.***