JAKARTA - Orak-arik adalah istilah untuk telur dadar yang dihancurkan kasar. Kita bisa membuatnya dalam bentuk yang sangat sederhana, tanpa tambahan apa pun.

Kita juga bisa membuatnya variatif dengan tambahan macam-macam seperti sayuran, bakso, atau bahan lainnya.

Penasaran tentang hal-hal yang harus kita perhatikan saat membuatnya?

Mari kita simak tips membuat telur orak-arik yang pas untuk sarapan.

Adonan Telur
Untuk membuat orak-arik, tambahan garam saja pun sudah cukup oke. Tetapi kita kadang ingin memakan telur orak-arik yang lebih nikmat, lebih beraroma, dan kaya rasa.

Karena itu sering diberikan tambahan bumbu, susu, keju, dan tomat. Bahan yang bisa ditambahkan ke dalam adonan telur adalah kecap inggris, saus tomat, susu cair/bubuk,krim, garam, merica, bubuk pala, dan keju.

Bumbu Orak-Arik
Untuk membuat orak-arik telur dasar yang sedap, kita bisa menumis telur dengan bawang merah, bawang putih, cabai merah, daun bawang, seledri, dan tomat.

Variasi Orak-Arik Telur
Agar tidak membosankan, ke dalam orak-arik bisa ditambahkan sayuran seperti wortel, buncis, an kapri.

Jika ingin menambahkan unsur daging-dagingan, kita bisa menggunakan bakso, sosis, daging asap, dan daging giling.

Bahan lain yang cocok ditambahkan ke dalam makanan ini adalah soun, jamur, tahu, dan kentang.

Cara Menyajikan
Dalam penyajiannya, orak-arik bisa disantap bersama nasi begitu saja atau disajikan begitu saja bersama roti tawar, saus sambal, dan keju parut.

Nah, itulah hal yang bisa kita perhatikan saat membuat orak-arik telur. Jika membuat yang spesial untuk sarapan, pasti keluarga tambah sayang. Tunggu apa lagi? Yuk, masak orak-arik istimewa di rumah.