JAKARTA– Belajarlah mengolah roti tawar jadi kudapan jika selama Anda hanya menyantapnya dengan olesan margarin, selai, taburan keju, atau meises.

Jika ingin lebih kreatif lagi, kita bisa membuat roti tawar jadi kudapan baru yang tentu saja lebih lezat. Mari kita lihat. Pasti keluarga akan tambah sayang.

Roti tawar adalah roti yang dibuat tanpa rasa.

Mengapa dibuat tanpa rasa atau dengan rasa yang samar-samar? Karena roti ini dibuat untuk disandingkan dengan bahan lain.

Rasanya yang netral, dijodohkan dengan bahan yang manis pun tetap oke. Dengan bahan yang asin juga asyik. Begitu pula dengan bahan yang sedikit asam seperti selai.

Pembuatan dan bahannya sama saja dengan roti isi. Ada mentega, ada pula susu.

Itu sebabnya rasanya gurih. Jadi, bisa Anda bayangkan, kan, bagaimana nikmatnya kudapan kita kalau ditambahkan roti ke dalamnya.

Apa saja yang bisa dibuat dari roti tawar? Mulai dari snack asin, manis, puding, masakan, atau minuman.

Sebagai snack asin, misalnya dibuat risoles roti. Kulit risoles diganti dengan roti tawar.

Snack yang manis, kita bisa membubuhkan roti sebagai corak puding. Untuk masakan, Anda bisa menggunakan roti untuk mengikat daging sekaligus membuat masakan tambah lezat.

Di minuman, irisan roti sering tampak dalam es maupun wedang.

Sebelum diadoni atau dicampur dalam adonan masakan atau kue, roti bisa sekadar dipotong-potong begitu saja, digoreng, atau dibakar dulu. Dapat juga dihancurkan dengan cara direndam susu supaya hancur dan lumat.

Roti yang dijadikan kulit untuk membungkus sayuran dan daging, boleh digiling dulu dengan rolling pin.

Tujuannya agar roti lebih lentur dan tidak mudah patah. Fungsi lainnya adalah merapatkan pori-porinya hingga kalau dimatangkan dengan cara digoreng, tidak terlalu menyerap minyak.

Anda juga bisa mengatasinya dengan memanirnya lebih dahulu.

Nah, itulah hal yang bisa kita lakukan jika ingin mengolah roti tawar jadi kudapan.