MEDAN- Sore sekitar jam 5 sore, puluhan orang berbaris mengular di sebuah rumah lebar dengan papan neon bertuliskan Napoleon Medan di Jl. Wahid Hasyim No 46/35. Selain anak muda, tampak pula puluhan pengemudi Go-Jek yang turut dalam antrian panjang tersebut.

Antrian panjang itu ternyata adalah para pembeli Napoleon Medan, cake baru yang sedang ramai dibicarakan belakangan ini di Medan. Pasalnya, para pembeli hanya bisa membeli cake ini pada saat pagi dan sore hari, selepas kue selesai dibuat.  "Satu jam sebelum tersedia, wajib antri nomer dengan pembelian maks 2 box," kata Galuh Khanza, mahasiswa asal Bandung yang baru saja menyelesaikan kuliahnya di Universitas Sumatra Utara (USU) Medan.

Galuh merupakan salah satu dari anak muda medan yang menggemari cake ini. Napoleon Medan merupakan kreasi  puff pastry dalam layer-layer tipis dan selai homemade aneka rasa yang dibalut dengan soft cake dan dan ditambahkan topping aneka rasa seperti Banana Crezy, Caramel, Cheese, Green Tea, dan satu lagi yang istimewa yaitu rasa Durian. Ukuran cake Napoleon Medan lumayan panjang sekitar 25 x 9 cm, dan umumnya disajikan dalam irisan tipis seperti bolu.

Apa yang membuat cake ini begitu heboh? Lola, seorang ibu rumah tangga yang tinggal di kawasan Wahidin mengatakan bahwa Napoleon Medan menyajikan cita rasa yang tidak hanya baru namun juga unik. Khas Medan ditampilkan dalam cita rasa durian yang menjadi ikonik kota ini. 

Usaha Napoleon Medan ternyata dimiliki oleh Irwansyah, aktor yang wajahnya rajin wira wiri di layar bioskop dan televisi tanah air. Bisnis kuliner tampaknya tengah menjadi fokus perhatian aktor ini bersama istrinya, Zaskia Sungkar. Sebelumnya, keduanya sukses meramaikan pasar kuliner di Jawa Timur dengan merek Apel Struddel Malang. 

Napoleon Medan sendiri merupakan kreasi baru dari Napoleon Cake, kue khas dari Prancis yang juga dikenal dengan nama Mille-feuille. Bentuk asalnya adalah berupa lapisan pastry puff yang diisi dengan beragam buah dan selai kmudian dimasak dengan rapat dan renyah sehingga bisa dipotong menyerupai cake. Dalam Napoleon  Medan, Irwansyah menambahkan layer berupa bolu gulung yang menjadi ciri khas Medan selama beberapa dekade terakhir.  Perpaduan keunikan inilah yang menjadikan cake Nappoleon Medan enak dilihat namun juga sangat enak ketika dikonsumsi.

Dari sisi harga, Napoleon Medan dibanderol dengan angka yang cukup terjangkau: caramel dan banana crazy dibanderol sekitar Rp 52 ribu, sementara untuk rasa durian, green tea dan keju dilabeli Rp 55 ribu. Makanan ini juga tahan sekitar 3-4 hari, sehingga cocok untuk dijadikan oleh-oleh keluar kota. Seperti yang dilakukan oleh Janet (34) ketika ditemui oleh GoSumut.com, ia mengaku sudah antri selama hampir satu jam untu membeli 2 boks Napoleon Medan rasa durian dan keju. "Menurut saya, rasa keju dan durian yang paling enk karena terasa buahnya," kata wisatawan asal Jakarta ini.

Bahkan, Napoleon Medan juga sudah mulai dijajakan oleh reseller di toko online dengan harga yang lumayan fantastis. Meski demikian, tentu saja ada plus-nya, yakni tidak perlu antri berjam-jam. Nah, siapa mau coba Napoleon Medan ini?