Makan sahur merupakan sunah yang harus dilakukan bagi Umat Muslim sebelum melaksanakan puasa di bulan Ramadan. Terkadang, karena kelelahan atau hal lain, beberapa dari Anda sering telat bangun, sehingga tidak sempat mempersiapkan makan sahur dengan maksimal. Sontak hal ini akan mempengaruhi pelaksanaan puasa, yang menahan makan dan minum seharian penuh di siang hari.

Namun, jangan khawatir. Jika Anda telat bangun untuk sahur, dan masih ada waktu beberapa menit untuk membuat santapan sahur yang praktis ini. Berikut 5 menu sahur praktis yang dapat disiapkan hanya dalam waktu kurang dari 5 menit seperti dilansir dari qraved. Apa saja?

1. Oats
Oats atau gandum merupakan makanan paling cocok untuk kamu yang sedang dalam waktu yang sempit. Selain enak, membuat kenyang, dan juga sehat, Anda akan semangat menjalani puasa di siang hari karena hidangan sehat ini. Cara membuatnya juga mudah, tidak butuh waktu lama, hanya menyeduhnya dengan air panas, menu sahur praktis Anda siap dinikmati.

2. Roti Gandum Isi Selai Kacang dan Pisang
Roti merupakan makanan paling praktis untuk Anda sebagai menu makan sahur jika waktu imsak sudah dekat. Pilihlah roti gandum agar Anda lebih cepat kenyang dan menyehatkan. Agar lebih nikmat dapat menambahkan selai kacang dan irisan pisang yang penuh dengan vitamin.

3. Telur
Menu yang satu ini merupakan menu paling gampang dan mempunyai rasa yang lezat. Telur juga bisa Anda masak dengan berbagai kreasi, mulai dari direbus, dibuat menjadi telur mata sapi, atau juga bisa menjadi telur dadar. Sebagai teman, Anda bisa memakannya dengan nasi, roti, atau mie instan.

4. Smoothies
Smoothies yang dibuat dari sayuran dan buah-buahan sangat praktis. Anda hanya memasukkan jus, buah-buahan dan sayuran ke dalam blender dan sajian smoothies sehat untuk sahur dapat dinikmati.

5. Salad
Menu ini untuk Anda yang bangun di menit-menit terakhir mendekati imsak, Anda tidak perlu menyalakan kompor untuk meracik menu sehat ini. Cara membuat salad sangat mudah, campurkan beberapa sayuran atau buah yang Anda suka, lalu tambahkan mayones atau minyak zaitun saja, sajian ini sudah lezat dan nikmat. Selamat mencobanya!