SAMOSIR - Polres Samosir melaksanakan pengamanan ibadah perayaan kenaikan Yesus Kristus atau peringatan hari Isa Al-Masih di gereja-gereja yang ada di wilayah Kabupaten Samosir mulai pukul 08.00 WIB, Kamis (9/5/2024). Sebanyak 73 personil Polres Samosir dilibatkan dalam pengamanan rangkaian ibadah di 26 gereja prioritas di Kabupaten Samosir, dan untuk kegiatan ibadah gereja non prioritas dilakukan patroli. 
 
Sebelum pelaksanaan ibadah berlangsung, dilakukan sterilisasi terlebih dahulu oleh personil pengamanan bersama pengurus gereja. Sterilisasi dilakukan didalam gereja untuk memastikan tidak ada benda atau barang yang dapat mengganggu jalannya ibadah.
 
Sterilisasi juga dilakukan di pintu gereja yang digunakan untuk keluar dan masuk umat untuk memastikan setiap orang yang akan memasuki dan keluar gereja dapat dipantau personil pengamanan.
 
Tampak, personil Polres Samosir dan Polsek Jajaran melakukan pengamanan hingga kegiatan ibadah selesai. Personil juga melayani dengan sopan santun kepada para umat yang akan masuk gereja.
 
Saat memasuki rumah ibadah atau gereja, personil Polres memeriksa tas dan barang yang dibawa umat kedalam gereja dan  dihimbau kepada umat harus fokus, dan tidak main handphone saat melaksanakan ibadah. 
 
Personil Polres Samosir dan Polsek Jajaran juga tampak melakukan pengaturan arus lalu lintas bagi kendaraan yang akan memasuki dan keluar lokasi parkiran gereja yang dibantu oleh para pemuda/remaja gereja untuk mengatur parkir kendaraan. 
 
Kepada media, Pejabat sementara Kasi Humas Polres Samosir, Brigadir. Vandu P. Marpaung menegaskan, secara umum untuk kegiatan ibadah peringatan kenaikan Yesus Kristus di wilayah Kabupaten Samosir berjalan aman dan hikmat yang berakhir pukul 12.00 WIB.
 
Selain pengamanan di lokasi dan Patroli Lantas bersama Samapta, Polres Samosir juga menerjunkan tim tertutup dari Satreskrim, Satresnarkoba dan Satintelkam untuk melakukan penyisiran disekitar gereja dan mencegah gangguan Kamtibmas maupun kriminalitas.
 
"Demi pengamanan dan pelayanan optimal dari Polres Samosir dan Polsek Jajaran, Seksi Propam Polres Samosir bersama Kapolsek Jajaran juga melakukan pengecekan kehadiran personil pengamanan di gereja-gereja dan terhadap kegiatan patroli gereja," tutup Brigadir Vandu P Marpaung.