Toba - Satu unit rumah yang terbuat dari papan yang sudah kering dan tua milik Yusuf Tanjung (35) keturunan pemilik Rumah makan Suryo Bundo Kanduang Balige Rabu, (08/5/2024) sekitar pukul 11.40 Wib hangus terbakar jadi arang hingga rata dengan tanah di Jalan Patuan Nagari Kel. Pardede Onan Kec. Balige Kab. Toba tepatnya di belakang Toko Roti Yolanda Balige. Diketahui informasi yang tinggal didalam rumah 3 orang bersaudara kandung (2 laki - laki dan 1 Perempuan) Surya boru Tanjung (25), Faisal Tanjung (25) dan Yusuf Tanjung (35).mereka bertiga adalah saudara sekandung keturunan dari pemilik rumah makan Suryo Bunda Kanduang Balige.

Kepada Gosumut.com Yusuf Tanjung (35) saat dikonfirmasi di lokasi kejadian menuturkan, sebelum peristiwa kebakaran saya sedang disamping rumah, yang kebetulan sedang ada melakukan bersih bersih lingkungan.

Saat kejadian ternyata adik saya si Faisal Tanjung (25) ada dirumah dan saat itu sedang berada di dalam kamar mandi.

Begitu saya mengetahui api membakar rumah kami saya berlari dan berteriak memanggil adik adik saya.sebut Yusf Tanjung.

Faisal Tanjung menuturkan, saat saya keluar dari kamar madi, saya melihat api sudah menyala diatas hingga membakar bagian dalam rumah.akibatnya saya terjebak didalam.melihat api semakin menyala, akhirnya saya lari lewat belakang.ucapnya sambil mengais arang sisa rumahnya yang terbakar untuk mencari beberapa barang berharga milik keluarganya.

Ditambagkan Yusuf Tanjung, dalam kejadian kebakaran yang menghanguskan rumahnya tidak ada satu barang yang bisa diselamatkan, berikut surat tanah/rumah, Kartu Keluarga (KK), Ijazahbserta semua pakaian kami ludes hangus terbakar jadi abu.yang tinggal hanya baju yang melekat dibadan inilah bang....ucap Yusuf dengan lirih.

Kapolres Toba melalui Kapolsek Balige Iptu Selamat Pasaribu mengatakan, kejadian kebakaran sesuai data dan informasi yang diterima terjadi sekira pukul 11.40 Wib terhadap 1 unit rumah papan di Jalan Patuan Nagari Kel. Pardede Onan Kec. Balige Kab. Toba tepatnya di belakang Toko Roti Yolanda Balige milik Yusuf Tanjung (35).

Lanjutnya, Untuk kronologi kejadian berdasarkan keterangan saksi korban Yusuf Tanjung (35) kepada petugas penyidik dilapangan menyebutkan, sekitar pukul 11.40 Wib ada melihat kepulan asap dari arah atap kamar tidur rumahnya. Begitu api membakar rumahnya Yusisf Tanjung berupaya untuk memadamkan dengan menggunakan alat seadanya sembari berteriak meminta pertolongan kepada warga setempat untuk menghubungi pemadam kebakaran.

Sekira pukul 11.50 Wib Dua unit mobil pemadam kebakaran Pemkab Toba tiba di lokasi kejadian dan berusaha keras untuk secepatnya memadamkan api mengingat keberadaan rumah penduduk lainnya disekitar kejadian sangat berdekatan.

Melihat lokasi kejadian tidak bisa dimasuki mobil Damkar, untuk memadamkan api petugas menarik selang air pemadam dari dalam toko roti Yolanda Balige.karena lokasi kebakaran persis berada dibelakang toko Roti Yolanda.api berhasil dipadamkan hingga total sekitar pukul 12.30 Wib.

Ditambahkannya, untuk pengamnan korban dan saudaranya oleh Dinas BNPB Kabupaten Toba mendirikan tenda penampungan sementara sebagai tempat tinggal sementara bagi keluarga korban di sekitar lokasi kejadian.

Terkait penyebab kebakaran diduga akibat hubungan arus pendek yang berawal dari atap/langit - langit pada bagian atas kamar tidur rumah korban.

Setelah api dipadamkan dengan penjagaan dari personil Polsek Balige korban beserta keluarga berusaha mencari barang berharga yang terbakar di lokasi kebakaran.dalam peristiwa tersebut tidak ada menelan korban nyawa namun dalam kejadian tidak ada satu barang yang bisa diselamatkan oleh korban, yang tinggal hanya baju yang melekat dibadan saja semua ludes terbakar jadi abu. Untuk kerugian yang dialami korban diperkirakan +_ Rp.50.000.000 diluar beberapa surat surat berharga milik korban yang hangus terbakar.terang Iptu Selanat Pasaribu.