TOBA - Dinas Pendidikan, Pemuda Olahraga Kabupaten Toba memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dirangkai hari Otonomi Daerah Ke - XXVIII tahun 2024 di tanah lapang SMP Negeri 4 Laguboti (lapangan tangsi Laguboti) dengan menggelar pentas seni dan budaya tingkat pelajar SD, SMP se Kabupaten Toba, Kamis (2/5/2024). Mengusung tema "Bergerak bersama, lanjutkan merdeka belajar", dengan sub tema "Dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024 kita wujudkan Toba Unggul dan Bersinar".


Sebelum puncak acara digelar diawali dengan pelaksanaan upacara. Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Toba Poltak Sitorus dengan pemimpin upacara Kasat Pol PP Kabupaten Toba Harianto Butarbutar,SE dan untuk mengiringi musik lagu Indonesia Raya dan Hening Cipta oleh Group Band dari Sekolah Yayasan Bonaposgit Sejahtera Kecamatan Parmaksian.

Bupati Toba didampingi, Kadis Diknas Pemuda dan Olahraga Rikardo Hutajulu menyerahkan Piagam penghargaan dan Medali Tiska kepada 40 orang siswa/i pelajar SMP yang berprestasi masuk sekolah SMA Unggul Del Laguboti dan SMA Unggul Yayasan Tunas Bangsa Soposurung Balige.

Selain itu, guru dari tingkat SD dan SMP yang sudah pensiun di 5 tahun terakhir juga diberikan piagam pengharagaan sebagai ucapan selamat atas tugas pengabdiannya sebagai tenaga pengajar.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Toba Poltak juga membacakan amanah dan sambutannya Menteri Pendidikan Nasional, Riset dan Tehnologi RI Nadin Anwar Makarim dan Menteri dalam Negeri Muhammad Tito.

Usai upacara digelar Kadis Diknas Pemuda dan Olahraga Drs.Rikardo Hutajulu,M.Pd menyampikan, untuk perayaan Hardiknas ke - 65 Tahun 2024 tingkat Kabupaten Toba Pemerintah Kabukaten Toba melalui Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga menggelar Pentas Seni tingkat SD dan SMP se Kabupaten Toba.

Digelarnya kegiatan ini sebutnya, sebagai salah satu ikon, pelestarian budaya Batak Toba secara khusus untuk penggalian & Pengembangan potensi siswa/i dalam mendukung dan meningkatkan penerapan program pendidikan nasional Merdeka Belajar oleh Kemendiknas, Riset dan Tehnologi.