PALAS -Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Padanglawas(Palas) Plus Keterampilan dan Riset menggelar pelantikan dan pengukuhan anggota Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan Patroli Keamanan Sekolah (PKS).

Pelantikan berlangsung di halaman madrasah tersebut, Kamis(25/4/2024) mengusung tema 'Dengan pelantikan angota UKS dan PKS membentuk anggota disiplin dan mempunyai tanggungjawab yang tinggi dalam melaksanakan sumpah dan janjinya".

Acara pelantikan dan pengukuhan UKS dilaksanakan oleh Plt Kadis Kesehatan Palas, Amelia Roitona Nasution SKM,MKM dan PKS dilantik Wakapolres Padanglawas,Kompol Sugianti,S.Pd disaksikan oleh Kepala MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset, Hj Mahnidar Azwarni Nasution S.Ag.

Pelantikan diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran, dan diisi dengan persembahan tari kreasi dari anggota PKS dan Senam Sehat dari anggota UKS MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset.

Plt.Kadis Kesehatan Kabupaten Palas, Amelia Roitona Naaution SKM,MKM berharap, anggota UKS MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset bisa memberi motivasi dan meningkatkan kesadaran pentingnya menjaga kesehatan.

Sementara itu, Wakapolres Padanglawas,Kompol Sugianto,S.Pd menyampaikan, sebagai anggota PKS berperan dalam menjaga keamanan dan ketertiban dilingkungan sekolah.

"Anggota PKS juga harus memiliki tanggung jawab untuk penerapan kedisplinan tentang tata tertib berlalu lintas dijalan raya agar para siswa mematuhui secara disiplin guna menjaga keselamatan," terangnya.

Wakapolres juga berharap, dengan dilantiknya anggota PKS ini memberikan dampak manfaat positif kepada siswa lainya yang ikut mendukung program kepolisian dan sekolah dalam menciptakan kemajuan pendidikan.

Dikesempatan itu, Kepala MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset, Hj Mahnidar Azwarni Nasution, S.Ag berharap, anggota UKS dan PKS yang dilantik bekerjasama dan bertanggung jawab terhadap tugas yang diamanahkan.

"Bangun kerjasama dan saling mendukung untuk memajukan madrasah dengan membentuk anggota yang disiplin dan mempunyai tanggung jawab yang tinggi dalam melaksanakan sumpah dan janji," harapnya.

Ia juga mengingatkan, UKS dan PKS harus berkontribusi memberi manfaat positif dilingkungan madrasah sehingga memberi motivasi dalam meningkatkan kedisplinan dan kesehatan lingkungan madrasah.

"Dengan peran anggota UKS dan PKS akan membentuk karakter siswa yang sehat dan bewawasan serta terpeliharanya ketertiban dan keamanan lingkungan madrasah yang lebih disiplin,"pungkasnya.

Tampak.hadir dikegiatan pelantikan,Kakan Kemenag Palas,H.Abdul Manan,MA dan personel Satlantas Polres Palas serta Ketua Bhayangkari Cabang Palas.