Lebaran biasanya dijadikan momen kumpul keluarga yang penuh dengan kehangatan. Namun, momen tersebut seringkali meninggalkan berbagai area rumah dalam kondisi yang kotor, tidak terkecuali area dapur Anda. Hal ini terjadi karena dapur menjadi salah satu tempat beraktivitas yang cukup sering dalam menyiapkan hidangan di hari Lebaran. Untuk membuat lantai dapur tetap bersih dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan selalu menyiapkan sabun pel atau karbol wangi, hal ini bertujuan untuk mempermudah Anda menjaga kebersihan lantai kapanpun. Pada artikel ini, akan ada delapan tips efektif untuk menjaga lantai dapur tetap bersih dan mengkilap bahkan setelah lebaran, simak hingga selesai ya!

1. Gunakan Keset di Area Kritis

Tempatkan keset di pintu masuk dapur dan area-area yang sering dilewati. Keset ini akan membantu menangkap kotoran dan serpihan dari siapapun yang akan masuk ke area dapur. Walaupun tidak menjamin kebersihan lantai di area dapur, setidaknya keset akan mengurangi bercak kotoran pada lantai.

Ada beberapa pertimbangan dalam memilih keset untuk area Dapur. Pertama, pastikan untuk memilih keset yang mudah Anda bersihkan. Kedua, pastikan keset yang digunakan memiliki daya serap tinggi untuk menghindari penumpukan debu atau lumpur.

2. Bersihkan Tumpahan Segera

Tumpahan baik dari minuman atau kuah makanan adalah hal yang umum terjadi di dapur, terutama saat periode sibuk seperti lebaran. Tumpahan makanan maupun minuman yang tidak langsung dibersihkan dapat menimbulkan noda yang sulit dibersihkan, bahkan berpotensi untuk mengundang kuman dan membuat dapur tidak higienis.

Oleh sebab itu, segera bersihkan tumpahan apa pun untuk mencegah noda membandel pada lantai. Untuk membersihkan noda, gunakan kain atau spons bersih yang sudah dibasahkan dengan air serta pembersih lantai.

3. Sapu dan Pel Secara Rutin

Kebiasaan menyapu dan mengepel lantai dapur secara rutin sangat penting untuk menjaga kebersihan. Sapu lantai setiap hari untuk menghilangkan debu dan kotoran. Selain menyapu, disarankan juga untuk mengepel lantai secara rutin dengan menggunakan campuran air dan pembersih lantai. Hal ini akan membuat lantai Anda tidak hanya bersih, tetapi juga wangi dan bebas dari berbagai kuman penyakit.

4. Gunakan Pembersih yang Tepat

Pilih pembersih lantai yang sesuai dengan jenis lantai dapur. Penggunaan pembersih yang tidak tepat bisa merusak lantai atau membuatnya cepat kusam. Baca label produk dan pastikan pembersih lantai yang Anda pilih sesuai untuk lantai di rumah, baik itu keramik, vinyl, atau kayu.

5. Bersihkan Grout Secara Berkala

Grout atau sambungan antar ubin bisa menjadi tempat berkumpulnya kotoran dan lembab. Untuk menghindari hal ini, bersihkan grout secara berkala dengan menggunakan larutan pembersih grout. Selain itu baking soda dan cuka juga dapat digunakan untuk membersihkan grout. Pemeliharaan ini tidak hanya membuat lantai tampak lebih bersih tetapi juga mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri.

6. Lindungi Lantai Saat Memasak

Saat memasak, terutama dalam jumlah banyak seperti saat Lebaran, lindungi lantai dari percikan minyak dan bahan makanan lainnya. Gunakan alas seperti koran atau kertas minyak di bawah area memasak. Hal ini membantu menjaga lantai tetap bersih dan memudahkan pembersihan setelahnya.

7. Jaga Kelembaban Ruangan

Kelembaban yang tinggi dapat membuat lantai kayu mengembang dan merusak lantai lainnya. Gunakan dehumidifier atau nyalakan exhaust fan di dapur untuk menjaga kelembapan tetap optimal. Pengaturan kelembapan ini juga akan membuat ruangan lebih nyaman saat memasak atau makan.

8. Jadwalkan Pembersihan Mendalam

Sekali dalam beberapa waktu, lakukan pembersihan mendalam untuk lantai dapur. Ini termasuk mengepel dengan mesin pembersih lantai atau menyewa jasa kebersihan profesional. Pembersihan mendalam akan membantu mengembalikan kilau lantai dan mengangkat kotoran yang sulit dijangkau dengan pembersihan sehari-hari.

Dengan menerapkan delapan tips di atas, dapur Anda tidak hanya akan terlihat bersih tetapi juga menjadi tempat yang lebih sehat untuk digunakan dalam menyiapkan makanan setiap harinya. Jangan lupa, menjaga kebersihan dapur merupakan salah satu langkah untuk memperoleh hidup yang sehat bagi Anda dan keluarga.